Meskipun rendang sangat populer, ternyata tidak banyak yang mengetahui cara memasak rendang yang benar. Simak rahasia memasak rendang yang asli.

Sebagai salah satu makanan terlezat di dunia, cara memasak rendang tidak sesimpel yang dibayangkan banyak orang. Bahkan beberapa orang lebih memilih membeli rendang di restoran padang daripada membuat sendiri karena prosesnya yang cukup rumit.

Salah satu kunci kelezatan rendang adalah tekstur daging yang empuk. Daging rendang yang liat akan membuat rendang kurang lezat. Selain itu, bumbu rendang juga harus sesuai dengan resep aslinya. Berikut ini beberapa tips sukses memasak rendang yang asli.

1/ Pilih Daging yang Baik

Daging yang paling cocok untuk membuat rendang adalah daging bagian paha. Bila membeli daging di swalayan, biasanya sudah disediakan daging rendang potongan yang langsung siap masak. Namun jika membeli daging di pasar, sebaiknya pilih daging sapi bagian paha. Hal ini karena daging bagian paha mempunyai serat yang kuat sehingga tidak mudah hancur ketika dimasak dalam waktu yang lama.

Agar daging tidak alot, ENDEUSiast bisa membuang bagian lemak atau urat yang berwarna putih. Iris daging berlawanan dengan arah seratnya agar daging empuk. Karena rendang harus dimasak dalam waktu yang lama, ENDEUSiast bisa mengiris daging agak tebal.

2/ Persiapkan Bumbu-Bumbu

Kelezatan rendang yang lain terletak pada komposisi bumbu. Sebenarnya ada dua jenis rendang yang selama ini kita kenal yaitu rendang darek dan rendang pariaman atau rendang pesisir. Rendang yang selama ini kita temui di restoran Padang adalah jenis rendang darek. Rendang darek ini mempunyai karakteristik rasa yang cenderung pedas dan gurih dengan bumbu yang lumayan simpel. Sedangkan rendang pariaman mempunyai cita rasa yang sangat pedas sekali. Tentukan jenis rendang yang akan dibuat, lalu siapkan bumbu sesuai dengan jenis rendang yang ENDEUSiast pilih. Pastikan semua bumbu sudah siap, terutama bumbu dan rempah khusus yang agak sulit di dapat, seperti daun kunyit dan asam kandis.

3/ Sabar

Salah satu kunci kesuksesan dalam memasak rendang adalah kesabaran. Rendang memang harus dimasak dalam waktu yang lama sehingga daging bisa empuk dan bumbu meresap sempurna. Teknik memasak rendang ini biasa dikenal sebagai teknik slow cooking. Rendang sendiri bisa dimasak dalam waktu berjam-jam bahkan seharian dengan api yang kecil dan sesekali diaduk.

4/ Penyimpanan Rendang

Rendang adalah salah satu jenis makanan yang bisa bertahan lama karena proses memasaknya juga lama. Semakin lama rendang dimasak , rendang semakin bertahan lama. ENDEUSiast bisa menyimpan rendang dalam toples kedap udara. Bila membuat dalam jumlah banyak, ENDEUSiast bisa menyimpan rendang dalam plastik kecil untuk satu porsi. Sehingga setiap kali hendak makan, ENDEUSiast tidak perlu membuka membuka dan menutup ataupun mengaduk rendang terlalu sering.

Selain dimasak sebagai rendang, daging juga bisa ENDEUSiast olah menjadi sajian lainnya, seperti:

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.