Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Ceker ayam adalah bagian kaki ayam yang memiliki tekstur dan rasa yang khas. Ceker dapat diolah menjadi sajian lezat asal tahu cara mengolahnya.

ENDEUSiast gemar makan ceker ayam? Pasti tidak masalah jika harus mengkonsumsi bagian dari kaki ayam ini. Teksturnya yang unik dan rasanya yang gurih, tidak heran bila banyak yang menyukainya. Ada banyak sajian lezat yang bisa diolah dari bahan baku ceker ayam salah satunya adalah sup ceker ayam.

Mungkin ada yang belum tahu keistimewaan dari ceker ayam. Jangan meremehkan penampilannya, meskipun kurang menarik, tetapi dalam ceker ayam terdapat kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Dalam mengolah ceker ayam juga diperlukan teknik agar hasilnya tidak menjadi keras. Lalu bagaimana cara membuat ceker ayam yang empuk hingga ke tulang? Simak tipsnya di bawah ini.

1/ Membuang Kuku Ceker Ayam

Hal yang harus dilakukan sebelum mulai mengolah ceker ayam adalah mencucinya terlebih dahulu. Pada saat proses pencucian ceker, ENDEUSiast harus membuang bagian kukunya. Bagian kuku merupakan tempat bersarang banyak kotoran dan penyakit sehingga harus dipotong.

Untuk memotong ceker ayam bisa menggunakan pisau atau gunting yang tajam. Bersihkan juga kulit luar pada ceker dengan cara merebus sebentar cekernya lalu kulit luarnya bisa dikelupas perlahan-lahan.

2/ Merebus Ceker Ayam

Sering gagal dalam memasak ceker karena tulangnya yang masih alot? Mungkin ada yang salah dalam proses pengolahannya. Jadi bila ENDEUSiast ingin mendapatkan ceker ayam yang empuk harus merebusnya terlebih dahulu sebelum dimasak. Proses merebusnya memang memakan waktu yang lama, tetapi sembari menunggu empuk, ENDEUSiast bisa membuat bumbu masakannya. Jangan lupa juga untuk memberikan garam secukupnya pada saat merebus.

Setelah direbus, jangan gunakan air kaldu cekernya sebagai kuah masakan. hal tersebut untuk menghilangkan aroma amis yang melekat pada ceker ayam. Selain itu juga untuk mengurangi kadar lemak yang larut pada proses perebusan tadi.

3/ Membumbui Ceker Ayam

Selanjutnya bisa langsung mulai mengolah ceker ayam menjadi sajian lezat kreasi ENDEUSiast. Untuk mendapatkan hasil masakan yang lezat, gunakanlah bahan dan bumbu yang berkualitas. Pada proses perebusan tadi memang bertujuan untuk menghilangkan rasa amis pada ceker namun bukan berarti sepenuhnya bisa hilang. Nah untuk benar-benar menghilangkan bau amisnya, gunakanlah air perasan jeruk nipis dan lumuri pada ceker ayam sebelum diolah. Diamkan selama beberapa saat kemudian cuci bersih dan ceker ayam pun siap dimasak.

Bagi yang belum bisa membuatnya, ENDEUSiast lihat saja resep ayam ceker empuk . Kini sajian ceker ayam yang ENDEUSiast buat tidak lagi keras.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.