Kelezatan es pisang ijo tidak hanya terletak pada pisangnya, namun juga pada kulitnya yang lembut dan kenyal. Ini rahasianya!

Es pisang ijo adalah minuman khas dari daerah Makassar, Sulawesi Selatan. Minuman ini sangat cocok dijadikan sebagai menu takjil untuk buka puasa. Rasanya yang manis dan menyegarkan, perpaduan antara susu, sirup, bubur sumsum dan tentunya buah pisang yang dilapisi dengan kulit hijau, membuat Es Pisang Ijo terasa sangat nikmat disantap sebagai hidangan buka puasa.

Bagi ENDEUSiast yang ingin membuat es pisang ijo di rumah, berikut ini adalah tips bagaimana cara mendapatkan tekstur kulit es pisang ijo yang lembut dan kenyal:

1/ Saring Tepung Beras

Sebelum mengolah kulit es pisang ijo, ENDEUSiast harus terlebih dahulu menyaring tepung beras yang hendak ENDEUSiast gunakan. Pastikan tepung tidak menggumpal supaya hasil adonan ENDEUSiast menjadi maksimal dan menghasilkan kulit yang lembut.

Letakkanlah tepung beras pada wadah berukuran besar untuk memudahkan ENDEUSiast dalam membuat adonan.

2/ Gunakan Air Hangat

Supaya adonan tercampur dengan sempurna, ENDEUSiast dapat menggunakan air hangat untuk mengaduk adonan. Aduklah dengan perlahan, sampai tekstur adonan mengental. Jika kekurangan air, tambahkanlah air hangat sedikit demi sedikit.

3/ Tambahkan Bubuk Vanilla

ENDEUSiast bisa menambahkan bubuk vanilla untuk membuat adonan kulit es pisang ijo menjadi lebih harum dan lebih sedap. Supaya tidak menggumpal, larutkan terlebih dahulu bubuk vanilla dengan 1 sendok air hangat sebelum ENDEUSiast mencampurnya dengan adonan kulit es pisang ijo. Pastikan ENDEUSiast mengaduk adonan dengan rata.

4/ Gunakan Pewarna Alami

Sebelum adonan menjadi kalis, tambahkanlah sedikit pewarna makanan untuk menghasilkan warna hijau yang ENDEUSiast inginkan. ENDEUSiast bisa menggunakan pewarna alami dari pandan atau daun suji untuk menghasilkan aroma yang lebih sedap dan rasa yang jauh lebih nikmat.

5/ Pastikan Adonan Rata

ENDEUSiast harus sering mengecek adonan ENDEUSiast, pastikan tidak ada gumpalan di dalamnya. Adonan yang tidak tercampur dengan rata akan menyebabkan tekstur kulit es pisang ijo menjadi kasar. Aduklah secara perlahan hingga adonan tidak lagi terasa lengket atau hingga adonan menjadi kalis.

6/ Lilitkan

Setelah adonan siap untuk dibentuk, ambil pisang raja matang, potong menjadi setengah, lalu balutkan adonan hijau tadi ke seluruh permukaan pisang. Lilitkanlah dengan rata, jangan sampai ada bagian yang retak atau tidak tercover adonan. Perhatikan juga ketebalannya supaya bentuk es pisang ijo menjadi cantik saat disajikan nanti.

7/ Kukus dengan Api Kecil

Pastikan air di dalam panci sudah mendidih sebelum ENDEUSiast mulai mengukus pisang ijo. Setelah air mendidih, kukuslah pisang ijo yang sudah jadi tadi selama kurang lebih 15 – 20 menit sampai adonan pisang ijo matang sempurna.

Silakan ENDEUSiast coba tips di atas dan jika ENDEUSiast ingin membuat es-es lainnya untuk hidangan buka puasa, berikut ini adalah resep aneka es dari Endeus.tv yang patut ENDEUSiast coba :

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.