Masakan serba sup khas Indonesia ini cocok disantap ketika cuaca dingin.

Salah satu masakan berkuah khas Indonesia adalah sup. Sama seperti sup pada umumnya, sup khas Indonesia ini mempunyai karakteristik kuah yang bening dan segar. Masakan yang satu ini memang terbuat dari bahan dan bumbu yang sederhana sehingga rasanya ringan.

Kreasi sup nusantara memang tidak ada habisnya karena masakan yang satu ini digemari dari semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Berikut ini beberapa variasi masakan serba sup yang populer di Indonesia.

1/ Sop Tunjang

Meskipun sop tunjang kurang populer dibanding dengan gulai tunjang, namun kalau ENDEUSiast berkunjung ke Pekanbaru wajib banget mencoba sop tunjang ini. Sop tunjang adalah salah satu makanan yang menggunakan kaki kambing muda sebagai bahan utamanya. Sekilas tampilan sup ini mirip dengan sup iga dengan kuah bening dan beberapa sayuran seperti wortel dan kentang.

2/ Sop Kaki Kambing

Meskipun sama-sama menggunakan bahan kaki kambing, namun sop kaki kambing ini berasal dari Jakarta dengan tampilan yang berbeda. Bahan dasarnya adalah kaki kambing dan aneka jeroan yang disajikan dengan kuah. Kuah yang digunakan untuk sop kaki kambing ini ada dua macam yaitu kuah bening dan kuah santan. Bumbu yang digunakan untuk sop kaki kambing ini adalah bumbu khas Timur Tengah dengan aneka rempah-rempah.

3/ Sup Buntut

Sup buntut adalah salah satu sup khas Indonesia yang banyak dicari wisatawan mancanegara. Masakan yang satu ini berbahan dasar buntut sapi dan disajikan dengan kuah bening dan potongan sayuran. Saking lezatnya sup buntut ini hingga menjadi salah satu menu yang disuguhkan di Istana Presiden, loh.

4/ Sup Konro

Salah satu variasi sup yang juga sangat populer adalah sup konro. Sup yang berasal dari Sulawesi Selatan ini dibuat dari iga sapi dengan ukuran besar. Iga sapi yang digunakan pada sup konro ini dimasak dalam waktu yang lama sehingga dagingnya menjadi lembut. Bila sup lain menggunakan kuah putih, sup konro ini menggunakan kuah yang berwarna kecoklatan karena menggunakan kluwek. Sup konro ini biasanya disajikan dengan buras atau lontong khas Makasar.

5/ Sup Ikan Batam

Selain sup dengan bahan dasar sapi atau kambing, sup ikan Batam juga menjadi salah satu sajian sup yang populer. Sup ikan Batam ini menggunakan ikan tenggiri segar dengan kuah bening. Agar lebih sedap, sup ikan biasanya ditambahkan dengan tomat hijau. Sup ikan Batam ini terkenal dengan citarasa kuah yang bening segar dan juga rasa ikan yang manis dan gurih alami. Tidak heran bila makanan yang satu ini banyak diminati dari berbagai kalangan.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.