Masakan Sunda Menjadi Lebih Sempurna Dengan Oncom
Masakan Sunda Menjadi Lebih Sempurna Dengan Oncom

Masakan Sunda memiliki bahan olahan yang terbuat dari ampas tahu dan kacang yaitu oncom yang terdiri dari dua jenis.

Masakan Sunda sangatlah beragam. Ada banyak aneka olahan yang terbuat dari ampas, salah satunya adalah oncom. Bahan masakan ini terbuat dari ampas tahu dan kacang. Biasanya diolah menjadi masakan lezat sebagai pendamping nasi, pepes hingga ulukutek.

Bisa dibilang oncom adalah “rahasia” kenikmatan dari berbagai masakan-masakan khas Sunda. Di pasaran, oncom yang dijual terdiri dari dua jenis, yaitu oncom merah dan oncom hitam.

Meskipun yang sering kita temui di pasaran justru oncom merah, bukan berarti oncom hitam nggak populer. Kedua oncom tersebut memiliki perbedaan yang mendasar, mulai dari segi warna, bahan baku yang digunakan, proses fermentasi hingga pemakaiannya jamurnya.

Oncom yang paling sering diolah oleh orang Sunda adalah oncom merah yang terbuat dari ampas tahu yang difermentasi menggunakan jamur neurospora sitophila . Jamur merah inilah yang bisa memberikan hasil akhir warna oncom yang terlihat orange kemerahan.

Berbeda dengan oncom merah, untuk jenis jamur yang digunakan pada oncom hitam adalah rhizopus oligosporus . Selain itu, bahan olahannya terbuat dari bungkil kacang tanah (ada juga yang menambahkan dengan onggok atau singkong) sehingga menghasilkan warna hitam ampas kacang. Jadi nggak sama dengan oncom merah. Bila dilihat dari segi harga, tentunya harga oncom hitam lebih mahal dari oncom merah.

Oncom sangat mudah untuk diolah menjadi sajian yang lezat. salah satunya adalah ulukutek leunca khas Sunda. Mungkin bagi kita yang bukan orang Sunda, nama sajian ini terdengar unik dan asing. Tapi itulah yang disebut oleh orang Sunda sendiri.

Bahan yang digunakan terdiri dari oncom, daun kemangi, leunca dan cabai. Soal rasa tentunya enak banget. Selain memberikan kelezatan dari citarasa yang gurih dan pedas, tampilannya juga sangat menarik karena perpaduan antara warna oncom merah yang terang dengan leunca berwarna hijau segar. Sajian ini sangat pas disantap dengan nasi hangat.

Ada juga kreasi makanan yang nggak kalah enak, namanya adalah combro atau oncom di jero. Bahan pembuatannya terdiri dari singkong yang telah dihaluskan lalu diberi campuran oncom dan kemudian digoreng. Perpaduan rasa asin dengan isiannya yang pedas menjadikan combro menjadi salah satu jajanan khas Bandung yang hingga kini masih banyak digemari oleh orang-orang.

Bila tertarik untuk membuatnya sendiri di rumah, bisa melihat resep oncom merah putih ini. Dijamin rasanya nggak kalah seperti combro yang ada di Bandung.

Kita juga bisa mengolah oncom sebagai camilan di sore hari. Jadikan saja sebagai oncom tepung. Cara membuatnya sama seperti ketika kamu membuat tempe goreng tepung. Potong oncom sesuai selera, lalu baluri dengan tepung. Setelah itu goreng hingga matang. Bisa juga tambahkan saus, cabai rawit, atau sambal sebagai cocolan supaya sama seperti gorengan pada umumnya.

Mudah kan? hanya dari bahan sederhana, kita udah bisa mengolahnya menjadi makanan yang endeus dan lezat.

Endeustorial

Ikuti Instagram