Masakan Serba Santan Terfavorit di Endeus
Masakan Serba Santan Terfavorit di Endeus

Rasanya yang gurih membuat santan banyak digunakan dalam kuliner Indonesia.

Masakan dengan bahan santan tetap jadi favorit orang Indonesia. Rasanya yang gurih membuat santan banyak digunakan dalam kuliner Indonesia.

Santan merupakan salah satu bahan masakan yang banyak digunakan dalam masakan Indonesia. Santan ini memberikan rasa gurih dan creamy pada masakan. Ada banyak jenis masakan Indonesia yang menggunakan santan sebagai salah satu bahan utamanya.

Bahkan ada orang yang tidak bisa makan bila tidak menggunakan masakan bersantan. Dari sekian banyak variasi masakan bersantan dalam kuliner Indonesia, berikut ini beberapa masakan serba santan yang terfavorit di Endeus.

1/ Opor Ayam

Opor ayam adalah salah satu masakan berbahan santan yang sangat populer di Indonesia. Masakan yang satu ini biasanya disajikan ketika lebaran sebagai pendamping ketupat. Opor biasanya dibuat dengan bahan utama ayam dengan kuah santan yang kental. Masakan yang satu ini mempunyai cita rasa gurih dari ayam kampung dan juga santan kental. Sehingga tidak sedikit orang yang tergila-gila dengan kelezatan opor.

2/ Gulai

Masakan Indonesia lain yang menggunakan santan adalah gulai. Berbeda dengan opor, gulai ini menggunakan kunyit sebagai salah satu bumbunya sehingga warnanya kuning cerah dan sangat menggugah selera. Gulai ini adalah salah satu masakan khas yang biasa ditemukan di restoran Padang. Jenis gulai sendiri ada banyak tergantung daribahannya, seperti daging sapi, ayam, ikan, telur, otak, dan sebagainya. Selain produk hewani, gulai juga bisa dibuat dari sayuran seperti daun singkong dan jantung pisang.

3/ Lodeh

Lodeh adalah salah satu masakan bersantan yang dekat dengan kehidupan sehari-hari. Masakan yang satu ini bisa dibuat dari berbagai bahan seperti sayuran, udang, tetelan, dan sebagainya. Tidak ada patokan khusus untuk membuat lodeh baik dari segi bahan dan bumbu. Semuanya bisa dibuat suka-suka sesuai dengan selera masing-masing. Beberapa orang lebih suka membuat lodeh dengan santan encer, sedangkan lainnya menyukai lodeh dengan santan kental yang creamy.

4/ Kari

Kari adalah salah satu masakan yang lekat dengan santan. Sekilas, masakan yang satu ini mempunyai tampilan yang mirip dengan gulai. Namun kari mempunyai warna yang lebih oranye atau merah dengan rasa yang juga lebih pedas. Sama halnya dengan gulai, pilihan isian untuk kari bisa bermacam-macam misalnya ayam, ikan, daging, hingga sayuran seperti kentang dan kubis.

5/ Soto

Soto adalah satu masakan Indonesia yang sangat populer. Masakan yang satu ini dibedakan menjadi dua jenis yaitu soto dengan santan dan soto bening. Di beberapa daerah, soto dengan santan menjadi salah satu soto favorit karena rasa yang creamy dan gurih. Soto Betawi adalah salah satu contoh soto yang menggunakan santan. Dengan kuah santan yang agak kental dan daging yang empuk dan gurih, soto santan memang menjadi primadona bagi sebagian orang.

Endeustorial

Ikuti Instagram