Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Masakan bersantan memang identik dengan kuliner Indonesia. Berikut ini beberapa masakan bersantan khas Indonesia yang lezat dan sedap.

Salah satu ciri khas masakan Indonesia adalah menggunakan santan. Hal ini yang membuat masakan Indonesia berbeda dengan masakan dari negara lain. Perpaduan rempah-rempah dan santan membuat masakan Indonesia menjadi gurih dan lezat. Bahkan ada beberapa orang Indonesia yang merasa kurang bila makan tidak menggunakan sayur bersantan.

Berikut ini adalah beberapa masakan Indonesia yang menggunakan santan sebagai salah satu bahannya. Adakah favoritmu?

1/ Gulai

Gulai adalah salah satu masakan Indonesia yang populer dengan kelezatannya, Makanan yang satu ini menggunakan santan kental dan banyak rempah-rempah didalamnya. Ciri khas gulai Indonesia adalah menggunakan kunyit sehingga kuahnya berwarna kuning.

Bagi orang luar negeri, gulai ini lebih sering disebut sebagai kari Indonesia. Banyak bahan makanan yang bisa dimasak sebagai gulai misalnya daging kambing, sapi, hingga kepala ikan.

2/ Lodeh

Lodeh adalah salah satu masakan bersantan yang populer di daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Masakan yang satu ini adalah sayuran yang dimasak dengan bumbu dan santan. Meskipun sekilas mirip dengan gulai, namun lodeh menggunakan rempah-rempah yang tidak terlalu banyak sehingga aromanya tidak terlalu menyengat. Bahan makanan yang bisa dimasak menjadi lodeh bisa bermacam-macam seperti rebung, nangka muda, terong, kacang panjang, dan sebagainya.

3/ Opor

Opor adalah salah satu masakan bersantan yang biasanya disajikan ketika Lebaran. Ya meskipun ENDEUSiast juga bisa menikmati opor walaupun tidak sedang lebaran. Opor ini biasanya menggunakan ayam, tahu, dan kentang. Berbeda dengan gulai, opor ayam tidak menggunakan kunyit dan cabai sehingga kuahnya berwarna putih. Opor biasanya dihidangkan dengan lontong ataupun ketupat dan juga beberapa lauk pendamping.

4/ Kare

Selain opor, kare juga merupakan salah satu masakan Indonesia yang menggunakan santan. Kare adalah salah satu masakan yang populer di dunia dan beberapa negara mempunyai sajian kare. Namun kare Indonesia berbeda dengan kare yang ada di luar negeri. Bumbu yang digunakan untuk kare mirip dengan bumbu untuk opor hanya saja kare menggunakan cabai merah.

5/ Soto

Masakan Indonesia yang menggunakan santan lainnya adalah soto. Soto ini adalah salah satu masakan populer yang hampir selalu ada di setiap daerah. Ada dua jenis soto yang ada di Indonesia yaitu soto dengan santan dan tanpa santan. Soto yang menggunakan santan antara lain soto Betawi, soto Kudus, soto Madura, dan sebagainya.

Bumbu yang digunakan untuk soto kuah santan sebenarnya sama dengan soto pada umumnya hanya saja kuah yang digunakan adalah kuah santan. Sehingga rasa kuah soto lebih gurih dan creamy daripada yang tidak menggunakan santan.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.