Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Masakan kari di negara-negara Asia banyak macamnya. ENDEUSiast sudah pernah coba yang mana saja?

Kari adalah salah satu masakan yang populer di Asia dan dunia. Masakan yang satu ini identik dengan warna kuning, kuah kental dan juga aroma rempah-rempah yang kuat. Masakan kari sendiri sebenarnya berasal dari daerah Asia Selatan, terutama daerah India.

Kemudian kari menyebar luas ke berbagai negara hingga menjadi salah satu masakan paling populer di dunia. Lalu ada berapa macam masakan kari yang ada di Asia?

1/ Kari India

Salah satu varian kari yang paling terkenal adalah kari India yang merupakan daerah asal usul kari. Di India, masakan kari menggunakan setidaknya 25 jenis rempah-rempah seperti kunyit, cengkeh, kayu manis, jinten, lada, dan sebagainya. Semua bumbu dan rempah kemudian dihaluskan dan kemudian dimasak dengan santan, krim, dan bahan-bahan yang lain.

Salah satu ciri khas kari india adalah kuah yang kental dan creamy serta rasanya yang sedikit asam karena menggunakan yogurt.

2/ Kari Jepang

Selain kari India , kari Jepang juga menjadi salah satu varian kari yang populer di dunia. Di Jepang kari biasanya disebut sebagai kare dan menggunakan bumbu jadi yang banyak dijual di supermarket. kari Jepang ini dibuat dengan bahan daging, sayuran, dan juga bawang Bombay. Masakan yang satu ini biasanya disajikan dengan nasi dan juga katsu daging. Berbeda dengan kari lain, kari Jepang ini mempunyai warna yang sedikit coklat.

3/ Kari Timur Tengah

Di daerah Timur Tengah, kari biasanya disebuat sebagai karahi . Berbeda dengan kari India, kari Timur Tengah ini tidak menggunakan bumbu sebanyak kari India. Salah satu keunikan karahi adalah penggunaan cuka dan bawang putih dalam masakannya. Daging yang biasanya digunakan untuk karahi adalah daging domba atau kambing dan disajikan dengan taburan daun ketumbar.

4/ Kari Thailand

Thailand juga mempunyai masakan kari yang lebih dikenal sebagai massaman curry . Kari Thiland ini awalnya dibuat oleh orang muslim di Thailand dengan bahan dasar utama daging ayam, daging bebek, dan daging sapi. Selain itu, kari massaman juga bisa ditambah dengan kacang, tofu, dan kentang.

Secara umum kari Thailand menggunakan bumbu-bumbu yang tidak jauh berbeda dengan kari lain namun penambahan kayu manis dan kecap ikan membuat kari Thailand menjadi berbeda. Secara umum ada dua jenis kari di Thailand yaitu kari hijau dan kari kuning.

5/ Kari Indonesia

Kari dari Indonesia bisa dibilang cukup berbeda dengan kari dari negara Asia lainnya, karena kuahnya yang encer. Selain itu, kari Indonesia juga menggunakan cabai segar dan bukan cabai bubuk. Bumbu untuk kari Indonsia juga tidak terlalu banyak sehingga aromanya tidak terlalu kuat seperti kari India.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.