Masakan Serba Jagung Mudah Dibuat
Masakan Serba Jagung Mudah Dibuat

Masakan Serba Jagung Mudah Dibuat

Masakan berbahan dasar jagung yang bisa ENDEUSiast coba untuk asupan karbohidrat pengganti nasi.

Masakan berbahan dasar jagung cukup populer di Indonesia. Jagung adalah salah satu sumber karbohidrat pengganti nasi yang populer dan digemari banyak orang. Makanan yang satu ini biasanya dimasak dengan cara direbus ataupun dipanggang. Selain itu jagung juga dimasak sebagai campuran nasi atau menjadi nasi jagung. Selain diolah menjadi masakan-masakan tersebut, jagung juga bisa diolah menjadi beberapa makanan ini.

1/ Bakwan Jagung

Bakwan jagung adalah salah satu olahan jagung yang paling umum. Gorengan yang satu ini termasuk yang paling mudah dibuat dan digemari banyak orang. Kreasi bakwan jagung ini juga cukup banyak, seperti menambahkan udang atau wortel ke dalam adonan bakwan. Makanan yang satu ini bisa dimakan sebagai lauk ataupun camilan.

2/ Puding Jagung

Kalau ENDEUSiast sudah bosan dengan puding coklat atau vanila, ENDEUSiast bisa mencoba olahan puding jagung. Puding yang satu ini mempunyai rasa yang manis alami dari jagung serta gurih dari santan atau susu. Membuat puding ini juga tidak susah, ENDEUSiast hanya perlu mencampur jagung manis yang sudah dicincang kasar dengan agar-agar, gula pasir, dan santan atau susu cair.

3/ Bolu Jagung

Bila bolu biasanya menggunakan tepung terigu saja, ENDEUSiast bisa menambahkan jagung. Jagung membuat bolu mempunyai aroma yang harum serta tekstur yang empuk. Untuk membuat bolu jagung juga tidak susah, ENDEUSiast bisa menggunakan bahan dan cara biasanya untuk membuat bolu namun kurangi penggunaan tepung dan tambah jagung yang sudah diblender. ENDEUSiast bisa menambahkan santan pada adonan agar aromanya lebih harum dan rasanya lebih gurih lagi. Agar tekstur bolu jagung lebih lembut, ENDEUSiast bisa mengukus bolu jagung daripada memasaknya dengan open.

4/ Lepet Jagung

Lepet jagung adalah salah satu makanan berbahan dasar jagung tradisional yang asli Indonesia. Masakan yang satu ini berbahan dasar jagung, kelapa parut, dan bahan lainnya. Yang membuat masakan ini spesial adalah kulit jagung yang digunakan sebagai pembungkusnya. Lepet jagung ini mempunyai tekstur yang kenyal dan lembut dengan rasa manis gurih yang dominan. Lepet jagung ini termasuk salah satu masakan tradisional yang cukup populer di masyarakat namun tidak semua orang bisa membuatnya.

5/ Bubur Jagung

Masakan lain berbahan dasar jagung yang bisa ENDEUSiast coba adalah bubur jagung. Bila biasanya bubur mempunyai cita rasa asin, namun bubur jagung ini mempunyai rasa manis gurih. ENDEUSiast bisa membuat bubur jagung dengan jagung yang sudah diblender dan jagung pipil. Bubur jagung ini cocok dinikmati ketika suasana hujan ataupun ketika tidak enak badan.

Endeustorial

Ikuti Instagram