Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Masakan acar atau yang diberi cuka tidak hanya ada di Indonesia saja. Di Asia juga terdapat berbagai jenis acar unik yang wajib dicoba!

Masakan acar pada dasarnya adalah salah satu makanan yang diawetkan menggunakan garam dan cuka. Biasanya acar terbuat dari sayuran dan buah-buahan yang ditambah dengan cuka dan garam.

Di Indonesia ada banyak jenis acar seperti acar mentimun yang biasa disajikan dengan nasi goreng dan juga acar kuning. Selain di Indonesia, negara-negara di Asia juga mempunyai olahan masakan acar yang unik lho.

1/ Acar nyonya, Malaysia

Di Malaysia, masakan acar yang populer adalah acar nyonya. Masakan yang satu ini bila dilihat sekilas mirip dengan acar kuning yang ada di Indonesia, karena sama-sama menggunakan kunyit. Namun pada acar nyonya ditambahkan kacang panjang dan terong.

Acar nyonya ini biasanya disajikan dengan nasi lemak dan ditambah dengan taburan kacang goreng yang ditumbuk kasar dan juga biji wijen.

2/ Achat, Thailand

Meskipun namanya bukan acar, namun achat adalah salah satu olahan acar yang populer di Thailand. Masakan yang satu ini terbuat dari timun dan wortel yang segar dan bertekstur renyah.

Bumbu yang digunakan untuk achat ini tidak jauh beda dengan acar di Indonesia yaitu bawang merah, cabai, cuka, gula, dan garam. Achat biasanya disajikan sebagai pendamping makanan lain ataupun disantap begitu saja seperti rujak.

3/ Tsukemono, Jepang

Di Jepang juga ada masakan acar yang dikenal sebagai Tsukemono. Acar Jepang ini dibuat dengan bahan-bahan yang bervariasi, misalnya dari lobak, buah plum, timun, wortel, terong, dan sebagainya. Rasa tsukemono ini juga bermacam-macam tergantung dengan herbal dan bumbu yang digunakan. Tsukemono ini biasanya disajikan dengan nasi dan sup miso sebagai sarapan.

4/ Mango pickle, India

Setiap kali musim manga, orang India membuat masakan acar yang dikenal dengan mango pickle. Di India sendiri, mango pickle ini disebut dengan chutney atau acar yang dicampur dengan rempah-rempah. Jenis manga yang digunakan untuk masakan ini adalah jenis mangga alfonso yang berbentuk bulat dengan warna emas kemerahan.

Setelah mangga dipotong-potong, mangga kemudian dicampur dengan bumbu rempah yang disebut ‘panch phoran’ atau campuran lima rempah, yaitu adas, jinten, biji seledri liar, biji kalonji, dan klabet.

5/ Danmuji, Korea Selatan

Selain kimchi, orang Korea Selatan juga mempunyai olahan acar sebagai makanan pendamping. Danmuji adalah salah satu olahan lobak yang dibuat acar dengan warna kuning. Warna kuning dari danmuji ini bukan karena penggunaan kunyit, namun karena buah chija atau gardenia fruits.

Danmuji biasanya disajikan dengan jjajangmyeon atau mie dengan saus kedelai hitam. Selain danmuji, ada juga masakan acar yang terbuat dari lobak yaitu chicken mu. Acar lobak yang satu ini pembuatannya lebih mudah dan biasanya disajikan dengan ayam goreng.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.