Masakan Nusantara Khas Jawa Timur Dari Olahan Jagung
Masakan Nusantara Khas Jawa Timur Dari Olahan Jagung

Masakan Nusantara Khas Jawa Timur Dari Olahan Jagung

Masakan nusantara khas Jawa Timur sangat beragam. Masakan khasnya terkenal menggunakan bahan dasar jagung dipadukan dengan bumbu lainnya

Berkunjung ke Jawa Timur tidak lengkap bila tidak mencicipi masakan khasnya. Ada beragam kuliner khas Jawa Timur yang lezat dan diantaranya ada yang menggunakan bahan dasar jagung manis. Jagung memang terkenal memiliki banyak kegunaan seperti diantaranya digunakan untuk pembuatan tepung maizena.

Di Jawa Timur, jagung dimanfaatkan sebagai bahan olahan masakan nusantara yang lezat. Daripada penasaran lebih baik kita lihat daftar selengkapnya di bawah ini.

1/ Nasi Jagung

Di Jawa Timur makanan khasnya adalah rawon dan pecel. Namun selain itu ada juga nasi jagung yang menjadi makanan ikoniknya. Nasi jagung memiliki sebutan lainnya yaitu sego ampok atau sego jagung. Nasi jagung ini sangat populer di Jawa Timur khususnya di daerah Madura dan Surabaya. Jadi ketika ENDEUSiast mampir ke daerah tersebut jangan lupa untuk mencicipi nasi jagungnya ya.

Untuk membuatnya pun sama seperti menanak nasi seperti biasanya. Bahan yang digunakan adalah beras jagung yang dimasak lalu dikukus hingga matang. Memiliki rasa yang hambar maka nasi jagung kurang enak bila hanya disantap langsung jadi setidaknya ENDEUSiast membutuhkan lauk pauk lainnya sebagai teman makan nasi jagung. Jangan lupakan sertakan sambal agar makananmu terasa semakin lezat.

2/ Nasi Jagung Bakar

Bila tadi hanya nasi jagung biasa yang dikukus maka untuk sajian yang satu ini harus melalui proses pembakaran terlebih dahulu sebelum disajikan. Untuk cara pembuatannya tidak ada yang berbeda, tetap menggunakan beras jagung yang dimasak hingga matang baru dibakar. Nasi jagung bakar sangat terkenal di kota Surabaya khususnya di daerah Maspati. Apakah ENDEUSiast tertarik untuk mencoba versi lain dari nasi jagung ini?.

3/ Dadar Jagung

Jika dilihat secara sekilas tampilan dadar jagung hampir sama dengan bakwan jagung. Hanya saja yang membedakan dari kedua sajian tersebut adalah pada cara proses pengolahan jagungnya. Pada bakwan jagung menggunakan buliran jagung sedangkan untuk dadar jagung menggunakan jagung yang harus diulek kasar terlebih dahulu. Pada hasil akhirnya pun tekstur antara bakwan dan dadar jagung terlihat berbeda. Bila ENDEUSiast mampir ke Malang dan Surabaya bisa mencicipi masakan yang satu ini. Rasanya yang gurih sangat cocok dipadukan dengan saus sambal pedas.

4/ Blendung

Bila ENDEUSiast mampir ke pasar tradisional di Jawa Timur jangan lupa untuk mencoba blendung. Makanan khas yang satu ini terbuat dari bulir jagung yang diolah bersama dengan parutan kelapa dan garam. Di Jawa Timur makanan ini lebih dikenal dengan nama Blendung sedangkan di Jawa Tengah dikenal dengan nama Grontol.

Dari sekian banyak masakan khas Jawa Timur dari olahan jagung, manakah yang menjadi favoritmu? Hidangan dari olahan jagung yang bisa ENDEUSiast cicipi ada di sini.

Endeustorial

Ikuti Instagram