Masakan Nusantara Bumbu Kuah Kuning Super Lezat
Masakan Nusantara Bumbu Kuah Kuning Super Lezat

Masakan Nusantara Bumbu Kuah Kuning Super Lezat

Masakan nusantara Indonesia memiliki ciri khas tersendiri, salah satunya masakan dengan kuah kuning kaya rempah nusantara.

Indonesia menjadi gudangnya masakan lezat yang tersebar di seluruh daerah dengan keragaman cita rasa di setiap masakannya. Terkenal kaya akan rempah-rempah, menjadikan ada banyak masakan nusantara yang terbuat dari bumbu dan rempah dengan rasa dan aroma yang kuat. Seperti beberapa makanan di bawah ini yang menggunakan kuah kuning dengan memberikan rasa dan aroma khas Indonesia. Untuk lebih lengkapnya mari kita lihat daftarnya.

1/ Mangut Lele

Mangut lele merupakan salah satu masakan nusantara yang bahan utamanya adalah ikan lele. Ikan lele dimasak dengan menggunakan kuah bumbu kuning, makanya namanya disebut dengan mangut lele. Masakan nusantara ini bisa ENDEUSiast jumpai di beberapa daerah seperti Semarang, Solo dan Yogyakarta.

Bumbu yang digunakan untuk membuat mangut lele terdiri dari bawang merah, bawang putih, lengkuas, kencur, kemiri, kunyit, daun salam dan tambahan bumbu penyedap masakan. Warna dari kuah kuningnya dihasilkan dari rempah kunyit. Semakin banyak ENDEUSiast menggunakan kunyit maka semakin kuning pula warna kuahnya.

2/ Opor Ayam

Opor ayam menjadi masakan nusantara andalan orang Indonesia. Hidangan kuah kuning ini biasa disajikan pada momen tertentu seperti misal untuk perayaan hari lebaran. Sudah menjadi menu wajib ada pada momen tersebut. Bahan utama yang digunakan adalah daging ayam. Untuk jenis ayamnya biasa orang Indonesia lebih memilih ayam kampung karena dagingnya yang lebih banyak dan teksturnya pun lebih keras bila dibandingkan ayam negeri sehingga tidak akan mudah hancur ketika dimasak.

Beberapa bumbu dan rempah yang harus ENDEUSiast persiapkan untuk membuat opor ayam diantaranya adalah ketumbar, jahe, kunyit, sereh, daun salam dan lengkuas serta tambahan bumbu penyedap lainnya guna menghasilkan rasa opor yang lezat. Bagi ENDEUSiast yang belum mengetahui cara memasak opor ayam, bisa melihat resepnya di sini.

3/ Soto Lamongan

Masakan nusantara lainnya yang menggunakan bumbu kuah kuning adalah soto lamongan. Soto memang sudah menjadi kuliner khas Indonesia, yang membedakan hanyalah ciri khas soto pada masing-masing daerah asalnya. Contohnya adalah jenis soto yang satu ini berasal dari Kota Lamongan. Soto ini berbeda dengan jenis soto lainnya karena kuahnya berwarna kuning yang dilengkapi dengan koya. Untuk membuat kuah kuning soto lamongan menjadi lebih enak biasanya akan diberikan tambahan daging ayam suwiran dan aneka sayuran dengan cita rasa yang asli Indonesia.

Itulah beberapa jenis masakan nusantara yang menggunakan kuah kuning. Salah satu diantaranya pasti ada yang sudah pernah ENDEUSiast coba bahkan bisa jadi menjadi makanan favorit ENDEUSiast.

Endeustorial

Ikuti Instagram