Masakan di wajan sering menempel padahal sudah menggunakan yang anti lengket? Tenang saja, simak tips di bawah ini.

Seringkali ketika memasak, kita mengalami masalah seperti menempelnya makananan di dasar wajan. Sungguh repot saat harus mengambil masakan yang telah lengket. Apalagi jika bahan utuh, tercuil karena sulit diangkat atau dibalik. Hal bisa menyebabkan tampilan makanan jadi kurang menarik. Menyebalkan bukan?

Kalau anda sering mengalaminya, mungkin anda harus tahu apa dan mengapa hal ini bisa terjadi. Di bawah ini juga tips dan trik yang bisa digunakan untuk mengatasinya. Simak penjelasan berikut.

1. Keringkan Wajan

Wajan yang masih basah atau belum kering sempurna bisa jadi merupakan penyebab masakanmu lengket.

Wajan yang lembab ketika digunakan akan membuat masakan menempel. Selain itu makanan yang disajikan akan terasa lebih lembek dari yang seharusnya.

Jadi, pastikan alat masak kering ketika akan pakai. Anda bisa memakai tisu atau lap untuk memastikan tidak ada titik air yang tersisa.

2. Panaskan Wajan tanpa Minyak

Menurut pakar, pertemuan antara panas dan dingin secara tiba-tiba dapat menyebabkan makanan menjadi lengket. Ini terjadi pada api dari kompor dan minyak yang panas padahal wajannya belum.

Untuk mengatasinya, ENDEUSiast bisa memanaskan wajan dengan api kecil terlebih dahulu sebelum menuangkan minyak. Ini akan membuat suhu antara ketiganya menjadi seimbang dan mencegah menempelnya hidangan.

3. Cairkan Makanan Beku

Jika ENDEUSiast merasa makanan beku seperti sosis , nuget, bahkan daging beku sering menempel pada dasar wajan, itu mungkin karena bahan belum dicairkan dan langsung dimasukkan ke dalam penggorengan.

Bukan haya membuat lengket, cara ini bisa berbahaya karena pertemuan air dan minyak secara tiba tiba bisa menyebabkan minyak meletup.

Sebaiknya angin-anginkan makanan beku selama 15-30 menit sebelum diolah. Ini akan mencegahnya lengket.

4. Pakai Api Kecil Dahulu

Menggunakan api yang terlalu besar bisa membuat makananmu matang secra tidak sempurna dan menjadi lengker di dasar penggorengan. Tidak mau bukan itu terjadi?

Untuk mengetahui apakah suhu wajan sudah tepat, anda bisa menggunakan butter test, yaitu tes menggunakan mentega. Jika mentega larut dengan cepat dan pinggirannya mudah gosong, ini tanda-tanda api yang digunakan terlalu besar.

5. Bersihkan Sisa Makanan

Ketika selesai menggoreng hidangan dan wajan akan digunakan untuk menggoreng lagi, pastikan sudah tidak ada sisa masakan yang tertinggal. Selain membuat hidangan yang baru jadi menempel, visual masakan menjadi jelek karena akan ada titik-titik bekas makanan yang menempel secara otomatis.

Meskipun menggunakan wajan anti lengket, masakan menempel tetap bisa terjadi bila anda masih melakukan teknik salah di atas. Selain itu, merawat wajan juga penting. Jangan lupa langsung merendamnya di air hangat seusai digunakan ya!

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.