Ternyata, banyak masakan Jawa yang dibungkus dengan daun pisang saat proses pemasakannya. Rasanya pun tidak kalah lezat dari masakan lain. Penasaran?

Masakan Jawa memang mempunyai banyak variasi termasuk beberapa masakan yang dibungkus dengan daun pisang. Orang Indonesia memang lebih suka membungkus masakan dengan daun pisang karena memberikan aroma yang sedap. Selain itu, daun pisang juga mudah ditemukan di pasar-pasar. Namun, ternyata ada beberapa masakan Jawa yang memang harus dibungkus dengan daun pisang. Bila tidak menggunakan daun pisang, kelezatan masakan-masakan berikut akan hilang.

1/ Pepes

Pepes adalah salah satu menu favorit masyarakat Jawa. Bahan utama pepes bisa bervariasi seperti ikan, teri, hingga jamur. Pepes sebenarnya adalah istilah untuk teknik memasak masakan dan dibungkus dengan daun pisang. Cara membungkus pepes dengan daun pisang ini juga khusus yaitu berbentuk panjang dengan dua semat lidi di kedua ujungnya. Aroma bumbu pepes dan daun pisang memberikan aroma sedap yang tidak ada duanya.

2/ Lemper

Lemper adalah salah satu camilan yang terbuat dari ketan dengan isi abon ayam. Masakan yang satu ini kemudian dibungkus dengan daun pisang dan menjadi salah satu jajanan tradisional yang disukai banyak orang. Beberapa orang mengganti daun pisang untuk lemper dengan plastic berwarna hijau, namun lemper yang dibungkus dengan daun pisang mempunyai rasa yang lebih lezat.

3/ Arem-Arem

Arem-arem adalah jajanan tradisional lain yang mirip dengan lemper. Hanya saja arem-arem terbuat dari beras dan diisi dengan isian ayam atau sayuran. Yang unik dari arem-arem adalah setelah dibungkus dengan daun kemudian dikukus lagi hingga tanak. Karena terbuat dari nasi, arem-arem ini juga populer sebagai masakan sarapan atau bekal piknik.

4/ Botok

Botok adalah salah satu masakan Jawa yang awalnya terbuat dari ampas kelapa. Namun seiring berjalannya waktu, botok dibuat dari kelapa parut dengan agar mempunyai nilai gizi. Kemudian parutan kelapa ini dicampur dengan bahan lain sesuai selera seperti tempe, tahu, jamur, daging, dan sebagainya.

Bahan-bahan ini kemudian dicampur dan dibungkus dengan daun pisang dan dikukus dengan uap panas. Bahan-bahan yang digunakan untuk botok ini bervariasi tergantung dengan selera seperti petai cina, udang, teri, tahu, hingga tawon atau lebah.

5/ Nasi Bakar

Salah satu masakan jawa yang juga harus dibungkus daun pisang adalah nasi bakar. Ya, nasi bakar memang tidak sedap bila tidak dibungkus daun pisang karena ketika dibakar aroma daun akan semakin wangi dan sedap. Nasi bakar ini sebenarnya adalah nasi yang diisi dengan berbagai isian daging dan sayuran kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dibakar untuk mendapatkan smokey flavour.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.