Masakan Indonesia yang terkenal dengan variasinya, ternyata memiliki kemiripan dengan beberapa masakan dari luar negeri. Apa saja?

Masakan Indonesia mempunyai banyak variasi tergantung berdasarkan dengan daerahnya. Uniknya, beberapa ada masakan Indonesia ternyata mirip dengan masakan dari negara lain. Hal ini memang terdengar lucu ya bagaimana bisa masakan Indonesia sama dengan negara lain, apalagi yang letaknya jauh. Tapi percaya tidak percaya. ada beberapa makanan luar negeri yang ternyata mirip dengan masakan Indonesia seperti berikut ini.

1/ Bakwan Sayur dan Kakiage

Bakwan sayur adalah salah satu camilan yang populer di Indonesia. Biasanya dijual bersama aneka gorengan lain seperti tahu isi, tempe tepung, dan sebagainya. Makanan yang berasal dari sayuran yang digoreng bersama adonan tepung ini ternyata mempunyai kembaran dari Jepang lho.

Kakiage nama makanan yang bisa dibilang masih saudara dengan bakwan sayur. Kakiage ini adalah cemilan yang biasa disajikan bersama udon. Terbuat dari irisan sayuran dan digoreng dengan adonan tepung beras.

2/ Bihun Goreng dan Japchae

Bihun goreng adalah salah satu makanan pendamping nasi uduk. Pembuatan bihun goreng ini juga sangat mudah, seperti memasak mie pada umumnya. Siapa sangka bila makanan yang umum di Indonesia ini mempunyai kembaran dari Korea Selatan.

Japchae adalah salah satu makanan dari Korea Selatan yang bisa dibilang mirip dengan bihun goreng. Yang membedakan dua makanan ini adalah mie yang digunakan untuk japchae bukan bihun, tapi dangmyeon atau mie yang terbuat dari pati ubi manis. Meskipun mie yang digunakan berbeda, namun penampilan dua makanan ini sangat mirip.

3/ Mie Goreng Jawa dan Yakisoba

Selain bihun goreng, mie goreng Jawa juga mempunyai kembaran dari Jepang. Yakisoba adalah hidangan mie dari Jepang yang dibuat dari soba dan ditumis bersama sayuran dan bumbu-bumbu. Uniknya yakisoba ini dimasak di wajan datar besar yang biasa dibuat untuk memasak okonomiyaki dan disajikan dengan aneka tempura.

4/ Paella dan Nasi Kuning

Siapa yang tidak kenal dengan nasi kuning. makanan yang satu ini biasa disajikan ketika hajatan dengan berbagai lauk pauk tambahan. Nun jauh di Spanyol sana, ada sebuah hidangan yang 11-12 dengan nasi kuning. Paella (baca: Paeya) adalah hidangan dari Spanyol yang dibuat dari nasi dengan bumbu-bumbu dan disajikan dengan ayam atau daging. Yang membuat paella dan nasi kuning mirip adalah warna nasinya yang sama-sama kuning.

5/ Sambal dan Gochujang

Sambal adalah salah satu pendamping makanan yang wajib ada. Sama halnya dengan di Indonesia, Korea Selatan punya gochujang yang bisa disebut sebagai sambal orang Korea. Gochujang ini tidak disajikan sebagai pendamping nasi, namun sebagai bumbu dasar berbagai masakan dari Korea Selatan seperti sup, tteokboki, dan sebagainya.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.