Masakan Indonesia yang Identik dengan Kecap
Masakan Indonesia yang Identik dengan Kecap

Beberapa sajian masakan Indonesia dengan kecap digemari karena memberikan sensasi manis dan gurih pada masakan.

Beberapa sajian masakan Indonesia dengan kecap digemari karena memberikan sensasi manis dan gurih pada masakan.

ENDEUSiast di rumah pasti menyediakan kecap bila sewaktu-waktu membutuhkan masakan yang manis. Selain digunakan untuk memberikan rasa manis pada masakan, kecap juga bisa ENDEUSiast pakai untuk memberikan rasa gurih dan karamel di setiap olahan makanan Indonesia. Tidak heran bila kecap masih menjadi bumbu penyedap yang paling banyak digunakan oleh masyakarat Indonesia, lagipula beberapa makanan akan terasa lebih sempurna bila ditambahkan dengan beragam bumbu khas Indonesia.

Di bawah ini ada beberapa rekomendasi masakan Indonesia yang identik dengan kecap.

1.

Kupat Tahu Magelang

Selama ini mungkin yang ENDEUSiast tau bahwa kupat tahu menggunakan saus bumbu kacang. Tetapi berbeda dengan yang ada di Magelang. Sajian yang menggunakan bahan utama ketupat dan tahu ini tidak menggunakan bumbu kacang melainkan kuah cair berwarna cokelat. Bahan yang dipakai untuk membuat kuah tersebut tidak lain adalah kecap, gula merah, asam jawa, bumbu halus dan air.

Sebagai pelengkap isiannya, kupat tahu Magelang ditemani dengan kubis dan tauge. Rasanya tentu manis dan gurih. Bila ENDEUSiast ingin terasa pedas juga, bisa tinggal masukkan sambal ke dalam kupat tahu.

1.

Semur

Semur juga termasuk dalam kategori makanan berkuah yang identik dengan penggunaan kecap. Isian semur cukup beragam, bisa menggunakan daging ayam, daging sapi, telur atau bisa juga dicampurkan semua bahan olahan tersebut menjadi satu sajian semur yang lezat manis. Terdapat juga aneka rempah khas Indonesia yang membuat semur ini kaya akan rasa.

Sebelum dimasak, bahan olahan akan direbus terlebih dahulu bersama dengan bumbu halus agar rasa bumbunya bisa meresap sempurna. Cita rasa manis yang khas ini menjadikan semur kerap disajikan dalam setiap menu. Bila ENDEUSiast tertarik untuk membuat semur sendiri di rumah, bisa lihat resepnya yang ada di sini.

1.

Tongseng

Selain semur, ada juga tongseng yang dimasak dengan menggunakan bumbu kecap. Tongseng merupakan masakan Indonesia berkuah. Bahan utamanya menggunakan daging kambing yang direbus terlebih dahulu bersama dengan bumbu khasnya agar dagingnya bisa empuk dan biarkan bumbunya terserap ke dalam daging. Untuk membuat tampilan tongseng menjadi terlihat menarik dan menggugah, biasanya akan ditambahkan kecap manis.

1.

Orek Tempe

ENDEUSiast pasti tidak asing dengan makanan rumahan yang satu ini. Masakan Indonesia ini bisa ENDEUSiast temukan di warteg pinggir jalan karena termasuk dalam kategori menu yang ekonomis. Rasa manis pada orek tempe didapat dari penggunaan kecap dan gula jawa. Kedua bahan tersebut juga bisa mempengaruhi warna orek tempe sehingga terlihat kecoklatan.

Sekarang ENDEUSiast sudah mendapatkan ide memasak dengan menggunakan kecap yang ada di rumah.

Endeustorial

Ikuti Instagram