Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Beberapa masakan Indonesia ini cocok dikonsumsi untuk mereka yang vegetarian.

Variasi masakan Indonesia untuk vegetarian memang terbatas. Hal ini karena sebagian besar masakan Indonesia berbahan dasar daging sapi, ayam, telur dan juga ikan. Selain itu, pola makan vegetarian juga masih belum populer sehingga cukup susah menemukan sajian yang bukan produk hewani.

Namun bukan masakan Indonesia bila tidak bisa menyajikan makanan untuk semua kalangan. Faktanya ada beberapa makanan Indonesia yang berbahan sayur dengan lauk nabati yang bisa dikonsumsi oleh vegetarian.

1/ Urap Sayur

Urap adalah salah satu makanan yang berbahan dasar sayuran. Ada banyak jenis sayuran yang biasa digunakan untuk urap sayur seperti kangkung, kacang panjang, tauge, dan sebagainya.

Urap sayur ini dicampur dengan bumbu kelapa dan disajikan dengan cara diurap atau dicampur. Selain urap sayur, alternatif masakan vegetarian yang lain adalah pecel, gado-gado, ketoprak, dan lotek. Semua makanan ini mempunyai prinsip yang sama yaitu sayuran yang sudah direbus disajikan dengan bumbu kacang.

2/ Asinan

Asinan adalah salah satu makanan yang juga berbahan dasar sayuran dan buah-buahan. Ada banyak jenis buah-buahan yang digunakan untuk asinan seperti mangga muda, kedondong, mentimun, dan juga sayuran seperti sayur asin, kubis, tauge, dan sebagainya.

Bahan-bahan ini kemudian disajikan dengan kuah yang terbuat dari cuka, gula merah, dan sebagainya, Kemudian asianan disimpan dalam kulkas agar lebih segar ketika dinikmati.

3/  Pepes

Bila biasanya pepes dibuat dengan bahan ayam atau ikan, vegetarian juga bisa menikmati olahan pepes yang berbahan dasar tahu, tempe, dan juga jamur. Cara pembuatan pepes tahu, tempe, dan jamur sama dengan pepes pada umumnya yaitu dicampur dengan kelapa parut dan dibungkus dengan daun pisang. Pepes kemudian dikukus hingga matang dan bisa dibakar sebentar sebelum disajikan agar rasanya lebih sedap.

4/ Sayur Berkuah

Ada banyak jenis sayur berkuah dalam masakan Indonesia misalnya sayur asem, sayur bayam, sayur bening, dan lain sebagainya. Masakan yang satu ini juga sangat cocok untuk vegetarian karena bahan dasarnya dari sayuran. ENDEUSiast bisa mengkreasikan sayuran sesuai dengan selera dan menyajikannya dengan lauk nabati seperti tahu dan tempe.

5/ Gudeg

Masakan yang juga bisa dinikmati vegetarian adalah gudeg. Gudeg adalah makanan khas Yogyakarta yang dibuat dengan nangka muda dan santan yang kental. Biasanya gudeg ini disajikan dengan ayam ataupun telur, namun untuk vegetarian bisa memilih tempe dan tahu bacem yang juga tidak kalah sedap.

Tempe dan tahu bacem juga bisa menjadi salah satu variasi lauk nabati agar tidak bosan dengan olahan yang itu-itu saja. Rasa gudeg dan bacem ini dominan manis tapi tetap gurih dan sedap.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.