Masakan Indonesia Manis Khas Jawa Timur
Masakan Indonesia Manis Khas Jawa Timur

Masakan Indonesia Manis Khas Jawa Timur

Masakan Indonesia khas Jawa Timur ternyata banyak yang manis. Bila pergi ke daerah sana ENDEUSiast harus mencicipi hidangan ini. Cobain yuk!

Pergi jalan-jalan ke daerah di Jawa Timur rasanya belum lengkap bila tidak mencicipi kuliner khasnya. Masyarakat Jawa Timur lebih banyak menggunakan santan dan gula merah ketika memasak. Tidak heran bila terdapat beragam jenis kuliner yang bercita rasa manis, menjadi ciri khasnya. Walaupun kebanyakan memiliki rasa yang manis, tidak sampai membuat ENDEUSiast bosan untuk menyantapnya, kok.

Bagi ENDEUSiast yang ini mencoba aneka makanan manis khas Jawa Timur, berikut beberapa daftarnya.

1/ Pudak Gresik

ENDEUSiast ingin camilan khas Jawa Timur yang bisa membuat kenyang? Pudak Gresik jawabannya. Kuliner ini terbuat dari bahan jagung manis yang dicampurkan dengan santan. Bila tidak ada jagung manis juga bisa digantikan dengan tepung beras. Bahan yang sudah dicampurkan tersebut kemudian akan dibungkus dengan menggunakan daun jagung yang masih muda. Jagung dan tepung beras bisa membuat ENDEUSiast kenyang apalagi dengan rasanya yang manis, ENDEUSiast pasti akan ketagihan.

2/ Gethuk Pisang

Masih dari daerah Kediri, ada lagi kuliner manisnya yang perlu ENDEUSiast coba yaitu Gethuk Pisang. Biasanya gethuk dibuat dari bahan ubi maupun singkong, tetapi berbeda dengan gethuk yang satu ini. Gethuk dari Kediri ini dibuat dari pisang. Itulah yang menjadi keunikan dan nilai jualnya. Kuliner ini menjadi lebih menarik karena dibungkus dengan daun pisang yang bisa memberikan aroma sedap pisang yang khas. Bagi ENDEUSiast pecinta pisang, ENDEUSiast wajib mencobanya.

3/ Sale Pisang Pacitan

Ada Gethuk Pisang, ada juga Sale yang merupakan kuliner khas Pacitan. Kuliner manis ini juga tidak kalah unik. Bila ENDEUSiast sering membeli Sale Pisang pasti paham bahwa bentuknya adalah pisang pipih. Berbeda dengan sale pada umumnya, Sale Pisang asli Pacitan ini dibentuk dan dibungkus menyerupai keong bulat. Bahkan di beberapa tempat, ada yang lebih kreatif dengan mengkreasikan Sale Pisang Pacitan menjadi bentuk seperti buah anggur. Lucu banget ya?

4/ Onde-Onde Mojokerto

Kuliner yang berbentuk bulat dengan tekstur kenyal, diisi dengan kacang hijau manis apalagi namanya kalau bukan onde-onde. Kuliner yang terbuat dari bahan sagu dan tepung ketan ini menjadi salah satu ikon makanan khas Mojokerto. Sangat enak bila dimakan ketika masih hangat. ENDEUSiast akan merasakan perpaduan antara manis dan gurih dari lapisan wijen di luarnya. Tertarik untuk membuatnya di rumah? Lihat saja resepnya di sini.

Sekarang ENDEUSiast tinggal pilih mana yang bakal ENDEUSiast coba duluan. ENDEUSiast juga bisa mencoba semuanya, kok. Selamat menikmati, ya!

Endeustorial

Ikuti Instagram