Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Masakan Indonesia memiliki ciri khas tersendiri, sehingga cita rasanya pun beragam. Seperti kuliner Manado yang kebanyakan memiliki rasa yang pedas.

Cita rasa masakan Manado yang terkenal pedas ini ternyata memiliki filosofi atau makna tersendiri yang sudah menjadi bagian dari sejarah kuliner di Sulawesi Utara. Masyarakat Manado memiliki filosofi yang cukup unik, yaitu ketika sedang menyantap makanan pedas tentu akan membuat lidah merasa kesakitan karena kepedasan, dari situlah maknanya diambil yaitu dengan mentoleransi pada hal-hal yang menyakitkan.

Bagi ENDEUSiast yang menyukai masakan pedas, maka tidak salah bila mencoba berbagai makanan khas Manado, dijamin bakal bikin ENDEUSiast ketagihan. Berikut di bawah ini akan dibahas daftar masakan Indonesia khas Manado yang terkenal pedasnya.

1/ Dabu-Dabu

Masakan khas Manado tidak hanya terkenal rasanya yang pedas tetapi juga sering menggunakan bahan olahan seafood yang cukup beragam. Jadi bila ENDEUSiast berkunjung ke Manado pasti akan mudah menemukan makanan dari ikan laut. Seperti kakap panggang sambal dabu-dabu . Masakan ini adalah olahan ikan kakap yang dipanggang terlebih dahulu, dan disajikan dengan sambal dabu-dabu yang dibuat dari bawang merah, bawang putih dan cabai merah dan air lemon cui/jeruk nipis.

Dabu-dabu sendiri artinya sambal yang dipotong dengan ukuran kecil, jadi bukan diulek. Dabu-dabu lebih enak disajikan sebagai cocolan untuk aneka jenis makanan laut, karena rasanya yang pedas dan asam segar. Berbicara soal rasa tentu akan sangat pedas, tetapi dijamin ENDEUSiast bakal ketagihan dengan rasa pedasnya.

2/ Rica Roa

Masakan khas Manado pedas lainnya adalah Rica Roa. Rica sendiri memiliki arti yaitu sambal khas Manado yang dibuat dari cabai dan bawang. Untuk jenis ikannya disesuaikan dengan nama sambalnya yaitu menggunakan ikan roa. Untuk membuat sambal, ikan roa yang digunakan adalah ikan roa asap. Proses pengasapan ikan roa ini masih dilakukan dengan cara yang tradisional. Tak perlu khawatir, karena kini ikan roa asap mudah ditemukan di pasar tradisional ataupun pasar swalayan.

3/ Ayam Woku

Setelah tadi lebih membahas pada sambalnya, maka untuk masakan yang ini menggunakan bahan olahan ayam yaitu ayam woku. Masakan khas Manado ini memiliki perpaduan rasa antara gurih dan pedas yang bisa membuat ENDEUSiast ketagihan. Rasa pedasnya tidak hanya didapat dari cabai saja tetapi juga menggunakan bubuk merica, untuk membuat rasanya semakin pedas dan hangat. Jadi bagi ENDEUSiast yang hendak menyantap ayam woku ini jangan makan langsung dengan porsi besar karena bisa membuat perutmu terbakar.

Itulah tadi beberapa masakan Indonesia khas Manado yang terkenal dengan rasa pedasnya. Buat ENDEUSiast pecinta pedas jangan lupa untuk mencicipi kuliner pedasnya ketika berkunjung ke Manado ya!

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.