Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Masakan Indonesia memang terkenal dengan kelezatannya, namun bagaimana dengan kandungan kalorinya?

Bagi beberapa orang masakan Indonesia bukanlah jenis masakan yang cocok untuk dijadikan diet ataupun clean eating. Hal ini karena beberapa masakan Indonesia mengandung kalori yang banyak. Selain dari bahannya, proses memasak masakan Indonesia juga mempengaruhi perhitungan kalori. Meskipun lezat, namun beberapa makanan berikut ini harus benar-benar dipertimbangkan karena kandungan kalorinya yang cukup tinggi.

1/ Nasi Goreng

Nasi goreng adalah salah satu masakan Indonesia yang sudah terkenal kelezatannya. Semua orang dari anak-anak hingga dewasa pasti menyukai makanan yang satu ini. Selain lezat, nasi goreng ini harganya juga murah dan mudah didapat di mana saja. Padahal nasi yang dipanaskan kembali mengandung kalori yang tinggi. Selain itu, penggunaan minyak goreng dan bahan tambahan lain seperti telur dan daging menyebabkan kalorinya semakin bertambah. Dalam satu porsi nasi goreng, kalorinya bisa mencapai 740 kalori, lho.

2/ Nasi Soto

Konsumsi nasi soto di Indonesia termasuk yang cukup tinggi. Makanan yang satu ini juga mempunyai variasi yang paling banyak di berbagai daerahnya. Namun kalori dalam soto termasuk yang cukup tinggi. Dalam 50 gram soto mengandung 95 kalori dan satu mangkoknya mengandung 596 kalori. Jumlah kalori ini akan semakin bertambah kalau ENDEUSiast juga mengkonsumsi makanan tambahan lain seperti telur dan kerupuk.

3/ Nasi Rawon

Sama halnya dengan nasi soto, nasi rawon adalah salah satu masakan Indonesia yang banyak digemari. Namun siapa sangka bila makanan yang satu ini mengandung banyak kalori karena penggunaan daging yang tidak sedikit. Untuk sekali memasak, orang Indonesia biasanya menggunakan 2 hingga 3 kilo daging. Belum lagi jumlah minyak yang digunakan untuk menumis bumbu-bumbu. Kalau dijumlahkan dalam satu mangkok nasi rawon mengandung 680 kalori bila dimakan dengan nasi. Jumlah kalori ini akan bertambah kalau ENDEUSiast juga mengkonsumsi bahan pelengkap lain seperti telur asin dan kerupuk.

4/ Mie Instan, plus Nasi dan Telur

Mengkonsumsi mie instan dengan nasi dan telur sepertinya sudah menjadi kebiasaan beberapa orang utamanya adalah anak kos. Dibalik semua kemudahan dalam memasak mie instan, masakan yang satu ini mengandung banyak sekali kalori. Dalam satu porsi mie instan mengadung 330 kalori, sedangkan nasi dan telur masing-masing mengandung 242 dan 70 kalori. Kalau dijumlahkan kalori mie instan plus nasi dan telur bisa mencapai 945 kalori.

5/ Kerupuk

Selain masakan di atas, makanan yang juga mengandung banyak kalori adalah kerupuk. Satu buah kerupuk bisa mengandung 17 kalori. Kalau ENDEUSiast menghabiskan 5 buah kerupuk, bisa dibayangkan berapa banyak kalori yang masuk ke tubuh. Selain itu, kerupuk juga dibuat dengan tepung saja sehingga kandungan gizinya rendah.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.