Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Masakan Indonesia yang sering kita masak sebagiannya ada yang merupakan kuliner dari Belanda. Sudah bisa menebak apa saja?

Pada zaman dahulu, Indonesia dijajah oleh Belanda dalam waktu yang cukup lama. Para kolonial Belanda yang tinggal di Indonesia meninggalkan jejaknya salah satunya dalam bidang kuliner.

Tanpa kita sadari bahwa sebenarnya ada banyak kuliner khas Belanda yang kini menjadi masakan Indonesia. Seperti contohnya kue yang biasa disajikan ketika lebaran yaitu kue lidah kucing atau nastar. Kedua kue tersebut merupakan kuliner dari Belanda. Selain kue, ada juga beberapa makanan berat lainnya yang berasal dari negeri kincir angin tersebut. Apa saja itu? Mari simak daftarnya di bawah ini.

1/ Ayam Kodok

Ayam kodok merupakan jenis kuliner yang terbuat dari kulit ayam utuh. Untuk isiannya menggunakan campuran daging sapi dan ayam yang telah digiling, telur rebus dan roti tawar. Untuk memasak ayam kodok yang pertama adalah mengukusnya terlebih dahulu agar dagingnya empuk baru setelah itu dipanggang.

Memasak ayam kodok dibutuhkan keterampilan khusus karena kita harus mengkuliti daging secara perlahan sehingga hasil akhirnya adalah kulit ayam utuh. Barulah kulit tersebut diisi dengan bahan-bahan isian yang telah dijelaskan sebelumnya. Jika sudah diisi maka tampilannya akan seperti ayam utuh. Dikatakan ayam kodok karena memang bentuknya yang menyerupai kodok. Ayam kodok bisa disajikan dengan bahan pelengkap seperti sayuran, kentang goreng dan saus.

Di Belanda, sajian ini disebut dengan ballotine. Orang-orang Belanda datang ke Indonesia membawa resep tersebut dan kini telah menjadi bagian dari kuliner Indonesia.

2/ Brenebon

Brenebon merupakan masakan sup kacang merah khas daerah Minahasa. Bahan utama dari sup ini menggunakan daging. Berbagai jenis daging bisa menjadi isian dari brenebon. Brenebon sendiri merupakan bahasa Belanda bruine bonen yang memiliki arti kacang coklat.

Resep asli dari sajian sup ini sebenarnya menggunakan daging babi namun karena masuk ke Indonesia dan mayoritas warganya jarang ada yang makan daging babi maka resep ini mengalami modifikasi sehingga menggunakan bahan daging yang biasa dimakan oleh orang Indonesia.

3/ Perkedel

Dalam bahasa Belanda perkedel diberi nama frikadel yang artinya adalah bola daging. Bahan utama untuk membuat perkedel adalah daging dan kentang. Bedanya di Indonesia lebih banyak perkedel yang hanya terbuat dari kentang, jarang ada yang dicampur dengan daging. Seiring dengan perkembangan waktu, perkedel memiliki banyak varian salah satunya adalah perkedel sosis keju . Bahkan hampir semua warung makan nasi padang pasti menyediakan menu lauk perkedel.

Itulah beberapa masakan Indonesia yang dulu merupakan kuliner dari Belanda. Kini semua masakan tersebut bisa ENDEUSiast nikmati setiap saat.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.