Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Lontong adalah salah satu sajian dari beras yang dimakan dengan beberapa menu berikut.

Nasi merupakan makanan pokok orang Indonesia. Rasanya kurang lengkap bila makan tidak menggunakan nasi. Namun, perlu diketahui bahwa nggak semua masakan Indonesia cocok disandingkan dengan nasi. Ada beberapa masakan Indonesia yang justru lebih nikmat disajikan dengan jenis karbo lain, seperti lontong.

Salah satu makanan yang lebih enak disajikan dengan lontong adalah Coto Makassar. Meski pun kini beberapa rumah makan di Jakarta ada yang menyediakan nasi putih sesuai dengan keinginan pelanggan.

Lontong merupakan sajian khas Indonesia. Lontong tetap banyak dipilih sebagai pendamping beberapa makanan Indonesia. Bahkan, beberapa makanan lainnya akan terasa kurang pas bila disantap tanpa menggunakan lontong. Jadi apa aja makanan Indonesia yang cocok dengan lontong? Mari simak daftarnya di bawah ini.

1. Lontong Sayur

Dari namanya aja kita udah tau kalo makanan ini pakai lontong. Lontong sayur sering dipilih sebagai menu makan di pagi hari. Sajian yang satu ini menggunakan lontong yang dipotong-potong lalu kuahnya bisa menggunakan sayur labu siam atau sayur nangka. Perpaduan rasa yang gurih dan pedas dari sambal sangat menggoda selera makan, apalagi bila ditambah dengan kerupuk bawang.

Di Indonesia sendiri, lontong sayur terbagi dalam beberapa jenis, dengan ciri khasnya masing-masing. Contohnya, lontong sayur Jakarta yang disajikan dengan semur daging, telur, tahu dan sayur godog.

2. Lentog tanjung

Berkunjung ke Kota Kudus belum lengkap rasanya apabila belum mencicipi lentog tanjung. Lentog sendiri memiliki arti yaitu lontong yang pulen dan montok. Disebut montok karena memang ukuran lontong ini cukup besar dengan teksturnya yang empuk. Sedangkan nama tanjung diambil dari daerah asal masakan tersebut.

Lentog tanjung menggunakan lontong yang telah dipotong-potong lalu disiram dengan sayur nangka muda atau gori. Sajian ini mirip dengan lodeh. Lebih lengkap lagi bila ditambah sambal merah dan bawang goreng yang renyah. Sudah kebayang kan nikmatnya?

3. Soto pamekasan

Beralih ke Madura, ada sajian khas nusantara yaitu soto pamekasan. Sajian soto ini terbuat dari kaldu bening. Bumbunya menggunakan bawang putih, merica dan terasi sehingga rasanya cenderung gurih.

Isian dari soto pamekasan di antaranya adalah potongan daging atau suwiran ayam, perkedel, tauge, soun, keripik kentang dan yang tidak ketinggalan lontong. Rasanya yang gurih dan segar dari soto pamekasan ini kurang lengkap tanpa adanya telur rebus dan bawang goreng.

4. Sate Rembiga

Sate memang umumnya disajikan menggunakan lontong yang dipotong bulat-bulat. Meskipun beberapa ada yang menggunakan nasi juga. Uniknya, sajian sate khas Indonesia lebih cocok disandingkan dengan lontong dan saus bumbu kacang atau kecap.

Salah satu sajian sate daerah yang menggunakan lontong adalah sate Rembiga. Sate khas kuliner Nusantara ini menawarkan tekstur daging yang empuk dan lembut. Setiap gigitan dengan lontong dan bumbu sausnya akan menambah kelezatannya.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya