Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Masakan Indonesia yang berupa ikan mentah dan disantap mentah memang belum banyak. Namun, beberapa masakan ini pamornya terkenal di kota asalnya!

Banyak orang yang tidak mengetahui bila masakan Indonesia ada juga yang berbahan ikan mentah dan dimakan mentah. Selama ini orang hanya mengetahui bila makanan mentah adalah makanan khas Jepang.

Sebagai negara dengan hasil laut yang kaya, makan ikan mentah sepertinya masih asing bagi sebagian besar orang. Namun tidak dengan beberapa daerah berikut ini dimana mereka mempunyai beberapa masakan yang berbahan dasar ikan mentah dan dimakan mentah seperti layaknya sashimi dari Jepang.

1/ Gohu ikan

Gohu ikan disebut juga dengan sashimi Ternate. Makanan yang satu ini berbahan dasar ikan tuna mentah dan segar. Cara membuat Gohu ikan ini sangat mudah yaitu ikan tuna segar dibersihkan dan dagingnya dipotong dadu. Kemudian dikucuri dengan air jeruk, garam, dan juga daun kemangi.

Gohu ikan ini kemudian dihidangkan dengan bawang merah dan cabe rawit yang sudah ditumis dengan minyak kelapa. Minyak kelapa yang panas kemudian disiramkan diatas potongan daging ikan tuna tadi.

2/ Naniura

Beralih ke Tapanuli, Sumatra Utara ada kuliner dengan ikan segar yang disebut dengan Naniura. Makanan ini adalah ikan yang sudah dilumuri dengan bumbu-bumbu. Totalnya ada 10 jenis bumbu yang digunakan untuk membuat naniura termasuk andaliman. Dahulu kala makanan ini hanya disajikan untuk para raja, namun sekarang semua orang bisa menikmati naniura kapan saja.

3/ Rusip

Dari Bangka Belitung, ada satu kuliner berbahan dasar yang dikenal dengan rusip. Makanan yang satu ini dibuat dari ikan teri atau ikan bilis yang difermentasi selama tujuh hari dengan garam dan gula merah. Rusip disajikan dengan bawang merah, jeruk kunci, dan cabai rawit. Di Bangka Belitung, rusip disajikan sebagai pengganti sambal.

4/ Lawa Balle

Suku Bugis di Sulawesi Selatan juga mempunyai hidangan berbahan ikan mentah yang dikenal dengan lawa bale. Ikan yang digunakan untuk makanan ini adalah ikan kecil atau ikan teri. Pengolahan makanan ini juga sangat mudah yaitu ikan yang sudah dibersihkan kemudian ditaburi dengan garam, jeruk nipis, dan parutan kelapa.

5/ Pacco

Pacco adalah salah satu masakan Indonesia berbahan ikan mentah yang berasal dari Luwu. Membuat pacco ini juga sangat mudah yaitu ikan yang sudah dibersihkan kemudian dicuci dengan air matang. Kemduian dikucuri dengan jeruk nipis dan didiamkan 10 menit. Ikan ini kemudian dicampur dengan bumbu-bumbu seperti jeruk sambal, cabe rawit, garam, dan kacang tanah goreng. Hidangan yang satu ini memmpunyai cita rasa yang gurih, segar, dan sedikit asam.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.