Selain kebudayaan, masakan Indonesia juga sangat beragam. Diantaranya mempunyai nama yang unik dan lucu. Berikut ini contoh masakan dengan nama unik.

Sebagai negara dengan budaya yang beragam, masakan Indonesia juga terdiri dari banyak jenis. Dengan banyaknya kuliner yang ada, beberapa masakan mempunyai nama yang unik dan nyeleneh. Nama-nama makanan yang unik ini bukan diberikan tanpa alasan, tetapi mempunyai arti tertentu.

Nama makanan yang unik ini membuat masakan Indonesia jadi lebih mudah untuk diingat. Karena nama yang tidak biasa, masakan Indonesia dengan nama yang unik ini biasanya banyak dicari orang . Berikut ini beberapa masakan Indonesia dengan nama yang unik.

1/ Kerupuk Melarat

Bagi orang Indonesia, makan tanpa kerupuk seperti sayur tanpa garam. Ada banyak jenis kerupuk yang ada di Indonesia, salah satunya adalah kerupuk melarat ini. Kerupuk ini berasal dari Cirebon dan nama unik ini didapat dari cara memasaknya. Bila biasanya kerupuk digoreng dengan minyak, kerupuk melarat ini digoreng dengan pasir yang dipanaskan. Dahulu harga minyak sangat mahal, sehingga orang mencari cara agar bisa menggoreng kerupuk dengan menggunakan pasir yang harganya lebih murah.

2/ Tahu Gimbal

Makanan yang berasal dari Semarang ini bukan diberi nama berdasarkan penjualnya yang berambut gimbal. Namun nama tahu gimbal diambil dari semacam gorengan dari udang sebagai bahan utamanya. Isi dari tahu gimbal ini adalah tahu goreng, kol yang sudah dirajang, tauge, telur, lontong, serta disiram dengan bumbu kacang.

3/ Nasi Kucing

Nasi kucing adalah salah satu kuliner unik dari Yogyakarta. Bukan karena nasi berlauk kucing, namun nasi kucing ini adalah sejenis nasi bungkus dengan isi nasi dan sedikit lauk. Porsi nasi dalam nasi kucing ini termasuk sedikit bila dibanding dengan nasi bungkus lain dan lauknya juga sangat sederhana. Sehingga penjual nasi kucing juga menyediakan lauk lain bila dirasa lauk dalam nasi bungkus kurang. Coba deh buat sendiri nasi kucing di rumah dengan mencontek resep Nasi Kucing 2 Lauk dari Endeus.

4/ Kuku Macan

Mungkin selain orang Indonesia, khususnya Kalimantan, tidak ada yang berani memakan kuku macan. Tapi kuku macan yang dimaksud ini bukanlah kuku macan asli, namun sejenis kerupuk khas Kalimantan yang dibuat dari ikan. Dinamakan kuku macan karena kerupuk ini berbentuk lonjong dengan ujung runcing menyerupai kuku macan.

5/ Nasi Kentut

Masih dari kategori nasi bungkus, kali ini dari Medan ada yang namanya nasi kentut. Nasi kentut bukanlah nasi yang berbau kentut namun nasi ini adalah sejenis nasi bungkus yang dibungkus dengan daun kentut. Daun kentut ini tidak berbau busuk seperti kentut namun memberikan aroma sedap pada nasi. Selain itu, daun kentut juga baik untuk kesehatan pencernaa bila dimakan.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.