Masakan Indonesia dari Bahan Telur Yang Kaya Rasa
Masakan Indonesia dari Bahan Telur Yang Kaya Rasa

Masakan Indonesia dari bahan telur hingga kini masih menjadi favorit.

Masakan Indonesia dari bahan telur hingga kini masih menjadi favorit. Bahkan telah banyak kreasi masakan dari telur dengan cita rasa khas nusantara.

Masyarakat Indonesia kerap menjadikan telur sebagai bahan olahan masakan pengganti daging. Telur yang dipadukan dengan cita rasa khas nusantara ini akan menghasilkan sebuah sajian lezat yang tidak boleh ENDEUSiast lewatkan. Umumnya telur diolah menjadi makanan, namun ada juga daerah di Indonesia yang menjadikannya sebagai minuman. Tentunya dengan proses pengolahan yang tepat.

Bila ENDEUSiast tertarik dengan masakan Indonesia yang menggunakan telur, berikut beberapa contonnya yang ENDEUSiast bisa coba nantinya.

1/ Rendang Telur

Rendang merupakan salah satu masakan Indonesia yang berasal dari Padang, Sumatera Barat. Biasanya rendang menggunakan bahan utama daging. Tetapi ternyata, di Sumatera Barat juga menyediakan menu rendang dengan bahan yang tentu berbeda yaitu telur. Sajian yang satu ini disebut juga dengan rendang talua.

Keunikan dari rendang talua adalah proses pengolahannya yang dibentuk menjadi kerupuk dengan tekstur yang kering dan renyah. Jadi bukan diolah seperti telur rebus ya. Rendang talua sering dijadikan sebagai makanan oleh-oleh bagi para wisatawan karena memiliki daya tahan yang cukup lama. Bagi ENDEUSiast yang merasa kesulitan untuk mencari rendang telur lebih baik buat sendiri di rumah dengan resep rendang telur yang sudah disiapkan.

2/ Kerak Telor

Sajian telur yang tidak kalah populer adalah kerak telor. Kuliner yang berasal dari Betawi ini terbuat dari bahan nasi, telur dan bumbu yang dicampur kemudian dipanggang dengan menggunakan tungku tradisional. Kerak telur yang sudah matang akan berubah warnanya menjadi kecoklatan.

Untuk memperlezat kuliner ini, biasanya setelah matang, kerak telor akan diberikan tambahan serundeng dan ebi. ENDEUSiast akan merasakan perpaduan rasa antara gurih, manis dan asin yang menyatu di dalam mulut. Ketika ENDEUSiast berkunjung ke Jakarta jangan lupa untuk mencicipi kuliner khasnya ini.

3/ Telur Pindang

Berkunjung ke Jogja kurang lengkap bila tidak mencoba masakan khasnya yaitu gudeg. Bagi ENDEUSiast yang sudah pernah makan gudeg pasti sudah tahu telur pindang. Ya, biasanya telur pindang disajikan bersama dengan gudeg, sesuai dengan menu yang ENDEUSiast pilih. Untuk membuat telur pindang cukup mudah. Siapkan telur lalu direbus. Campurkan beberapa bumbu khas nusantara seperti lengkuas, serai, daun salam dan garam untuk menciptakan rasa gurih pada masakan tersebut.

Indonesia memang terkenal dengan kulinernya yang beragam. Terbukti dengan aneka masakan Indonesia yang hanya menggunakan bahan sederhana yaitu telur namun bisa disajikan menjadi hidangan lezat dengan perpaduan bumbu khas nusantara. Dari ketiga aneka olahan telur di atas, manakah yang menjadi favoritmu?

Endeustorial

Ikuti Instagram