Masakan Indonesia Bungkus Daun
Masakan Indonesia Bungkus Daun

Masakan Indonesia Bungkus Daun

Jauh sebelum plastik populer hidangan Indonesia lekat dengan keramahan lingkungan yakni dengan bungkus daun, seperti beberapa masakan di bawah ini

Masakan Indonesia dikenal dengan cita rasanya yang khas kaya akan bumbu dan rempah. Selain itu, beberapa di antaranya juga disajikan dengan cara yang unik. Biasanya penyajian makanan menggunakan piring namun untuk beberapa masakan tradisional justru menggunakan bungkus daun.

Menggunakan pembungkus daun juga dapat menghasilkan aroma khas pada masakan sehingga dapat menggugah selera ENDEUSiast. Kombinasi antara bahan masakan tradisional dengan pembungkusnya daun ternyata menjadi daya tarik tersendiri. Maka tidak heran bila beberapa makanan tradisional khas Indonesia di bawah ini masih tetap eksis sampai sekarang. Penasaran? Mari kita lihat selengkapnya!

1/ Lemper

Lemper memiliki tampilan yang menyerupai lontong. Kedua makanan tersebut sama-sama dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Hanya saja lemper memiliki tekstur yang lebih kenyal dan padat karena bahan yang digunakan terdiri dari santan dan beras ketan yang dikukus. Keunikan dari lemper adalah terdapat beraneka rasa isian yang menghasilkan cita rasa lemper yang gurih seperti misal lemper isi abon sapi atau lemper isi daging ayam.

2/ Clorot

Masakan tradisional yang berasal dari Purworejo, Jawa Tengah ini bernama Clorot. Bentuk tampilannya pun sangat unik karena terlihat seperti terompet dengan ukuran mini. Makanan tradisional ini dibungkus dengan menggunakan daun kelapa yang dililitkan di seluruh bagian Clorot. Bahan yang digunakan terdiri dari tepung beras, gula merah cair dan santan yang dicampur menjadi satu adonan. Ketika ENDEUSiast menyantapnya akan terasa tekstur Clorot yang kenyal dan lembut di mulut. Clorot biasa disajikan sebagai teman minum teh di sore hari atau juga bisa untuk sajian pada perayaan upacara adat tertentu.

3/ Lepet Jagung

Di Jawa Timur, ada makanan tradisional yang disebut dengan Lepet Jagung. Makanan ini terbuat dari parutan jagung, gula pasir dan santan lalu dibungkus dengan menggunakan kulit jagung. Bila dibandingkan dengan Lepet Ketan, tentu keduanya berbeda, karena Lepet Ketan dibungkus dengan menggunakan daun kelapa. Untuk teksturnya, Lepet Jagung lebih kenyal dan manis karena terdapat perpaduan antara bahan jagung dan gula.

4/ Nagasari

Nagasari menjadi salah satu makanan tradisional yang paling mudah ditemukan hampir di seluruh pasar tradisional. Makanan yang memiliki cita rasa manis ini terbuat dari bahan tepung beras dengan isian potongan pisang kemudian dibungkus dengan daun pisang. Keunikan dari nagasari adalah aroma wangi daun pandan yang tercium pada saat disajikan. Ini menjadikan makanan ini cukup digemari oleh masyarakat Indonesia sampai sekarang.

ENDEUSiast pasti sudah tidak asing lagi dengan daftar makanan tradisional di atas. Manakah yang menjadi favoritmu?

Endeustorial

Ikuti Instagram