Selain masakan khas daerah, masakan era kolonial ini juga bisa dijadikan alternatif sajian perayaan kemerdekaan.

Menyajikan masakan era kolonial bisa menjadi salah satu alternatif sajian untuk perayaan kemerdekaan. Beberapa masakan Indonesia ada yang berasal dari Belanda sewaktu masa penjajahan. Makanan-makanan tersebut masih ada hingga sekarang dan masih digemari banyak orang.Bahkan nama yang digunakan unuk makanan tersebut masih sama dengan aslinya. Sajian makanan peninggalan Belanda tersebut bisa menjadi alternatif sajian ketika perayaan kemerdekaan.

1/ Selat Solo

Selat solo adalah salah satu makanan ningrat Solo yang juga merupakan peninggalan Belanda. Penampilannya sekilas mirip dengan bistik atau steak di Eropa. Selat solo adalah modifikasi dari bistik yang dibuat dengan kearifan local.

Bahan yang digunakan biasanya daging atau lidah sapi dan sajikan dengan beberapa makanan pendamping seperti kentang dan sayuran. Saus yang digunakan untuk selat solo lebih encer, manis, dan lebih kaya rempah dibanding dengan saus bistik. Sayuran dan kentang goring disajikan sebagai pengganti mash potato atau kentang tumbuk.

2/ Sup Brenebon

Brenebon adalah sebutan untuk kacang merah. Sup brenebon atau sup kacang merah ini adalah salah satu sup peninggalan Belanda yang cukup populer di timur Indonesia. Masakan yang satu ini diadaptasi dari Bruine bonensoep yang berasal dari Belanda. Bedanya adalah sup brenebon dibuat dengan kuah bening sedangkan bruine bonensoep menggunakan kuah yang kental karena dicampur dengan krim.

3/ Semur

Semur adalah salah satu masakan Indonesia yang sudah populer dengan citarasa local. Namun siapa sangka bila makanan yang satu ini ternyata adalah adaptasi dari masakan Belanda. Semur merupakan adaptasi dari salah satu masakan Belanda, ytiu smoor yang berarti rebusan daging.

Awalnya smoor hanyalah rebusan daging dengan tomat dan bawang yang direbus dalma waktu yang lama. Namun semur di Indonesia sudah mengalami berbagai macam variasi dengan menggunakan berbagai bahan seperti ayam hingga jengkol.

4/ Makaroni Skotel

Masakan lain yang juga merupakan adaptasi dari masakan Belanda adalah macaroni skotel. Makanan yang berbahan dasar susu, margarin, keju, dan macaroni ini sudha ada sejak masa pendudukan Belanda. Biasanya macaroni skotel disajikan untuk santapan brunch namun juga bisa menjadi salah satu alternative sajian perayaan kemerdekaan.

5/ Rijsttafel

Rijjstafel sebenarnya bukanlah jenis makanan, namun cara penyajian makanan yang sering digunakan di Indonesia. Cara penyajian makanan yang memadukan etika dan tata cara perjamuan Eropa ini dibawa oleh orang Belanda. Cara penyajian rijjstafel ini diawali dengan makanan pembuka, makanan utama, dan kemudian makanan penutup. Cara penyajian makanan yang seperti ini sudah digunakan selama bertahun-tahun di Indonesia.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.