Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Masakan daging panggang ekstra lezat dengan tips berikut ini

Salah satu masakan daging yang banyak digemari adalah daging panggang atau barbeque. Masakan daging yang satu ini biasanya disajikan ketika acara kumpul keluarga ataupun hari-hari tertentu seperti tahun baru ataupun acara pesta barbeque. Masakan daging panggang adalah salah satu masakan yang populer disajikan ketika pesta barbeque sebagai menu utama. Agar masakan daging panggang untuk barbeque rasanya lezat dan tidak hambar, ENDEUSiast bisa mengikuti beberapa tips berikut ini.

1/ Persiapkan Bahan

Sebelum memulai masak, persiapkan semua bahan terlebih dahulu. Kalau ENDEUSiast menggunakan daging, baik daging ayam atau sapi, pastikan bila daging sudah dalam keadaan suhu ruang dan bukan beku. Hal ini untuk mempermudah proses pembakaran sehingga daging bisa matang dengan sempurna. Kalau menggunakan ikan atau seafood, pastikan ikan dan seafood sudah dibersihkan dengan benar dan juga tidak dalam keadaan beku. Selain daging dan ikan, ENDEUSiast juga bisa mempersiapkan sayuran pelengkap seperti jagung, bawang Bombay, terong, jamur, dan sebagainya. Pastikan semua sayuran juga sudah dicuci dan ditiriskan.

2/ Bumbu dan Pelengkap

Setelah bahan siap, ENDEUSiast bisa mempersiapkan bumbu dan pelengkap lainnya. Salah satu faktor penentu kelezatan masakan daging panggang adalah saus marinasi dan saus cocol. ENDEUSiast bisa menggunakan saus barbeque untuk marinasi ataupun menggunakan bumbu marinasi yang lain. Untuk saus cocolan, ENDEUSiast bisa membuat saus sendiri seperti sambal ataupun menggunakan saus cocol kemasan yang ada di pasar.

3/ Siapkan Alat Memasak

Sebelum acara barbeque dimulai, ENDEUSiast perlu mempersiapkan alat memasak yang diperlukan. Untuk daging panggang, ENDEUSiast bisa menyiapkan pemanggang yang bersih dengan bara api. ENDEUSiast bisa menggunakan bara api dari arang atau batok kelapa. Selain itu, ENDEUSiast juga perlu menyiapkan kipas angin agar tidak ribet dan pegal saat mengipasi arang.

4/ Proses Memasak

Kelezatan masakan daging panggang sangat bergantung dengan proses memasaknya. ENDEUSiast perlu memarinasi bahan-bahan selama beberapa jam hingga semalam sebelum barbeque dimulai sehingga bumbu bisa meresap ke dalam daging. Ketika memanggang daging, ENDEUSiast perlu memperhatikan lama pemasakan agar rasa daging tidak hambar dan tetap juicy . Selain itu, ENDEUSiast juga bisa mengoleskan bumbu-bumbu ketika daging dimasak agar rasa daging semakin lezat.

5/ Hidangan Pendamping

Meskipun menu utama adalah masakan daging panggang, namun tidak lengkap rasanya bila tanpa makanan pendamping. ENDEUSiast bisa menyajikan lalapan seperti daun selada untuk dimakan bersama daging dan juga sup dan salad untuk disajikan saat barbeque. Selain itu, ENDEUSiast juga bisa menyuguhkan minuman segar, puding, ataupun potongan buah segar agar menu pesta barbeque bervariasi.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.