Masakan Bali Berbahan Nasi Favorit Wisatawan
Masakan Bali Berbahan Nasi Favorit Wisatawan

Aneka Masakan Nasi favorit para wisatawan ini wajib ENDEUSiast coba kalau berkunjung ke Bali.

Aneka Masakan Nasi favorit para wisatawan ini wajib ENDEUSiast coba kalau berkunjung ke Bali. Jangan lewatkan kelezatan kuliner Bali ini ya.

Selain alamnya yang indah, Bali juga menyajikan berbagai macam masakan dan kuliner yang khas. Banyak orang yang berkunjung ke Bali sekedar ingin merasakan masakan khas yang tidak dapat ditemui di tempat lain.

Beberapa masakan Bali yang paling populer adalah Ayam Betutu dan Sate Lilit. Dua masakan ini paling banyak diburu wisatawan. Selain dua masakan tersebut, ada juga makanan lain yang tidak kalah lezat.

Berikut ini beberapa masakan khas Bali berbahan nasi paling disukai wisatawan.

1/ Nasi Campur Ayam

Nasi campur ayam khas Bali adalah representasi dari berbagai masakan Bali. Dalam satu piring ada beberapa jenis lauk pauk dan sayuran yang disajikan dengan menu utama, yaitu nasi. Nasi Campur Ayam khas Bali ini biasanya terdiri dari suwir ayam sisit Bali, sate lilit, jukut urap atau sayur urap, lawar ayam, dan nasi hangat. Biasanya nasi campur juga disajikan dengan sambal embed dan sambal matah khas Bali yang rasanya pedas dan asam segar. Nasi Campur Ayam ini biasa dijumpai di warung-warung hingga restoran di seluruh wilayah Bali.

2/ Nasi Jinggo

Masakan Bali berbahan nasi berikutnya adalah Nasi Jingo. Masakan yang satu ini mempunyai konsep murah meriah, hampir mirip dengan nasi kucing yang populer di Yogyakarta. Nasi Jinggo dijual dalam keadaan sudah dibungkus dengan daun pisang. Dalam satu bungkus Nasi Jinggo sudah terdapat nasi dan lauk pauk yang lengkap seperti mi goreng, daging ayam suwir, tempe, dan juga sambal ekstra pedas. Karena masih dalam kategori nasi kucing, kuliner Bali yang satu ini mempunyai porsi lebih sedikit, namun harganya murah meriah.

3/ Nasi Sela

Nasi Sela adalah salah satu masakan khas Bali yang berbahan nasi. Masakan yang satu ini lebih populer di daerah pedesaan Bali, namun sekarang sudah semakin banyak diminati. Bahan utama pembuatan Nasi Sela ini adalah ubi jalar atau sela yang dicampur dengan nasi. Nasi Sela dibumbui dengan kalas, yaitu campuran daging, santan, dan base gede. Bahan lain yang disajikan dengan Nasi Sela ini adalah jukut atau sayur bejek, ayam betutu suwir, kacang tanah udang kecil, sambal matah dan sambal bongkot.

4/ Nasi Tepeng

Nasi Tepeng adalah salah satu masakan khas Gianyar Bali. Masakan yang satu ini dibuat dari nasi yang dimasak lembek sehingga teksturnya seperti bubur. Nasi Tepeng ini dimasak dengan bumbu pedas dari tepeng. Kemudian Nasi Tepeng disajikan dengan kacang panjang, nangka muda, daun kelor, terong, kacang merah, dan juga kelapa parut. Lauk yang biasa disajikan dengan Nasi Tepeng ini adalah telur dan suwir ayam.

Itulah daftar masakan Bali yang tidak boleh ENDEUSiast lewatkan saat berkunjung ke Bali. Selamat mencoba, ya!

Endeustorial

Ikuti Instagram