Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Menu ikan memang bukan menu favorit untuk bekal. Tapi ENDEUSiast bisa kreasikan menu ikan untuk bekal dengan cara ini.

Sebagian besar orang menghindari menu ikan sebagai bekal karena berbagai alasan seperti amis dan ribet ketika dimakan. Menu ikan memang identic dengan duri dan juga aroma amis. Namun dengan pengolahan yang tepat, ikan tetap bisa digunakan sebagai menu bekal yang sarat gizi. Berikut ini beberapa olahan ikan yang bisa digunakan sebagai menu bekal sehat dan bergizi.

1/ Nugget Ikan

Nugget biasanya terbuat dari daging ayam, namun ternyata ikan juga bisa diolah menjadi nugget. Pilihan ikan yang paling cocok untuk nugget adalah ikan tuna, tongkol, dori, ataupun ikan lain yang berdaging putih. Dengan dibuat menjadi nugget, ikan menjadi mudah dimakan dan rasanya juga lezat.

Cara membuat nugget ikan tidak jauh berbeda dengan nugget kebanyakan yaitu ikan dihaluskan dan dicampur dengan bumbu kemudian dikukus hingga matang. Kemudian potong nugget dan lapisi dengan tepung roti. Nugget ikan siap digoreng ataupun dibekukan.

2/ Ikan Sarden

Salah satu olahan ikan yang cocok untuk menu bekal adalah ikan sarden. ENDEUSiast bisa membuat ikan bumbu sarden dengan bumbu-bumbu sederhana yaitu bawang putih, bawang merah, cabai merah keriting, cabai rawit, tomat, saus tomat, lengkuas, dan secukupnya gula dan garam. Agar lebih mudah ketika dimakan, pilih ikan yang sudah di-fillet misalnya ikan tongkol yang dijual potongan.

3/ Nasi Bakar Isi Ikan

Nasi bakar memang menjadi salah satu menu praktis untuk bekal. Hal ini karena nasi bakar sudah termasuk dengan lauk di dalamnya sehingga sangat praktis untuk bekal. Isian nasi bakar bisa bermacam-macam, termasuk ikan. ENDEUSiast bisa membuat nasi bakar dengan isian ikan suwir yang sudah dibumbui. Pilihan ikan yang digunakan untuk isian nasi bakar adalah ikan tongkol, ikan tuna, ikan cakalang, dan sebagainya.

4/ Bakso Ikan

Salah satu olahan ikan yang cukup lezat adalah bakso ikan. Untuk bakso ikan, ENDEUSiast perlu menggunakan ikan yang berdaging putih seperti ikan dori, tenggiri, dan sejenisnya. Ikan yang berdaging putih akan membuat bakso tetap berwarna putih. Selain itu, usahakan untuk membersihkan ikan dengan benar agar bakso tidak berbau amis.

5/ Ikan Suwir

Salah satu menu ikan yang cocok untuk bekal adalah ikan suwir atau abon ikan. Ikan yang biasanya digunakan adalah ikan tuna, tongkol, cakalang, dan sejenisnya. Setelah ikan disuwir kemudian campur dengan bumbu dan tumis hingga matang. ENDEUSiast bisa membuat ikan suwir yang kering agar nanti tahan lama bila digunakan untuk bekal. Agar ikan suwir tidak amis, ENDEUSiast bisa menambahkan bumbu-bumbu yang banyak sehingga ikan suwir menjadi lebih sedap.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.