Gula jawa banyak digunakan dalam minuman dan makanan khas Indonesia. Tahukah ENDEUSiast makanan apa saja yang menggunakan gula legit ini?

Gula jawa disebut juga dengan gula merah yang terbuat dari jenis pohon kelapa palma atau palm sugar yang diambil getahnya. Gula jawa tergolong sebagai gula alami karena pengolahannya yang tradisional tanpa campuran bahan kimia.

Pemanis alami ini sering digunakan di berbagai macam camilan atau minuman , khususnya jajanan pasar tradisional. Rasanya yang legit sesuai dengan selera masyarakat Indonesia. Berikut 8 makanan khas Indonesia yang menggunakan gula jawa sebagai pemanis alami:

1/ Kue Mangkok

Kue mangkok memiliki bermacam warna, salah satunya cokelat. Bentuknya menyerupai mangkok yang merekah. Warna ini berasal dari gula merah. Biasanya kue mangkok dilengkapi parutan kelapa yang telah dikukus, ditambah daun pandan dan sedikit garam.

2/ Kue Cucur

Kue cucur terbuat dari campuran tepung terigu dan tepung beras lalu dicampur dengan larutan gula jawa untuk adonannya lalu digoreng. Paling enak disajikan saat masih panas. Jika didiamkan lebih dari 1 jam, kue ini akan sangat berminyak.

3/ Dadar Gulung

Bahan dasar dadar gulung adalah tepung terigu, biasanya berwarna hijau berisi kelapa parut yang dicampur dengan gula jawa. Namun ada juga yang mengganti isinya dengan durian ataupun jagung. Kue satu ini digolongkan sebagai jenis kue panekuk atau pancake

4/ Kue Lupis

Kue tradisional dari beras ketan dan dibungkus daun pisang seperti lontong. Penyajiannya selalu dipotong-potong menjadi beberapa bagian kecil lalu disiram dengan saus gula merah dan ditambah taburan kelapa parut.

5/ Klepon

Jajan pasar ini berbentuk bola-bola hijau kecil yang terbuat dari tepung beras ketan dengan isian gula merah lalu direbus dalam air air mendidih. Setelah masak bola-bola ini digelindingkan ke dalam parutan kelapa agar melekat.

6/ Cenil

Jajanan pasar ini juga sering disebut cetil. Terbuat dari pati ketela pohon yang dibuat warna-warni dan direbus. Penyajiannya diberi taburan kelapa dan gula pasir dan ada juga yang menambahkan siraman saus gula merah di atasnya sesuai selera.

7/ Kue Putu

Camilan ini terbuat dari tepung beras dan kelapa yang dikukus dengan menggunakan bambu. Putu diberi isian gula merah di tengahnya. Gurihnya kelapa yang berpadu dengan rasa manis pada gula merah membuat rasa kue putu menjadi istimewa.

8/ Serabi

Serabi merupakan kuliner khas Surakarta dan Bandung. Kue yang menyerupai pancake ini terbuat dari tepung beras dicampur santan lalu diberi kuah berupa cairan gula merah sebagai pelengkap. Biasanya juga ditaburi pisang, nangka atau keju sesuai selera.

8 makanan khas Indonesia ini tentu saja manis dan enak jika dimakan. Dari kedelapan makanan di atas, mana yang jadi favoritmu?

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.