Bumbu rujak tidak hanya untuk ayam saja lho. Olahan Ikan juga terbukti cocok dengan cita rasa manis pedas yang tentunya dijamin bikin ketagihan!

Bumbu rujak mungkin identik dengan ayam, padahal tak hanya ayam saja, namun ikan pun juga bisa diolah dengan bumbu rujak yang kaya rempah ini. Ikan yang kaya protein akan semakin lezat dipadukan dengan bumbu rujak.

Ikan gurame tidak hanya cocok digoreng saja, namun juga cocok diolah dan dioles dengan bumbu rujak ini. Sajian ini dijamin akan membuat keluarga ketagihan dan nambah terus.

Salah satu ikan yang cocok untuk diolah dengan bumbu rujak ini adalah ikan gurame. Tidak perlu banyak bumbu, cukup digoreng ikan gurame sudah memiliki rasa yang manis. Apalagi jika dibakar menggunakan bumbu kaya rempah, rasanya akan sulit terlupa. Yuk intip cara pembuatannya.

Bahan Utama :

2 Buah Ikan Gurame (400 gr)

Bumbu Halus :

2 siung bawang putih

5 siung bawang merah

1 butir kemiri

2 buah cabai merah

11/2 sdm gula pasir

¼ sdt garam

3 buah tomat

Bahan dan bumbu yang disiapkan :

1 sdt garam

1 lembar daun salam

2 dsm kecap manis

1 buah jeruk limau

1 buah tomat

4 lembar daun selada

Cara Memasak :

Siapkan blender, dan haluskan semua bahan bumbu halus.

Lumuri ikan dengan garam, goreng dengan sedikit minyak hingga kecoklatan dan matang. Sisihkan.

Tumis bumbu halus dan daun salam hingga aromanya harum. Tambahkan garam dan aduk merata. Matikan api, lalu masukkan ikan gurame yang telah digoreng sebelumnya. Tuangkan kecap manis, dan aduk merata seutuhnya.

Siapkan pemanggang, dan bakar dengan api kecil hingga matang di kedua sisinya.

Setelah matang, letakkan di piring saji. Tambahkan potongan tomat dan jeruk limau serta daun selada untuk mempercantik.

Selain ikan gurame ENDEUSiast bisa menggunakan ikan air tawar jenis lainnya seperti nila maupun ikan laut. Mungkin banyak yang bingung antara memilih ikan air laut atau tawar ya? Dari segi rasa, ikan air laut cenderung memiliki rasa yang gurih dengan tektur lembut,sehingga tidak dibutuhkan banyak bumbu untukikan air laut. Berbeda dengan ikan air tawar yang membutuhkan bumbu dengan aroma kuat agar rasanya menggugah selera.

Dari aroma ikan laut senderung amis, sedangkan ikan air tawar cenderung berbau tanah atau lumpur. Untuk Menghilangkan Bau Lumpur Pada Ikan. Ikuti cara ini.

Ikan laut juga memiliki duri yang lebih kuat, sehingga harus lebih hati-hati saat mengkonsumsinya. Berbeda dengan ikan air tawar yang durinya cenderung sedikit, namun ikan air tawar yang terbiasa hidup di arus deras juga bisa memiliki duri yang tajam.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.