Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Sisa sambal ternyata bisa diolah lagi jadi makanan yang enak. Apa aja? Mari simak selengkapnya.

Terkadang meskipun sudah memasak sesuai porsi, tetap saja ada makanan sisa seperti salah satunya adalah sambal. Sisa sambal ini biasanya disimpan dalam kulkas untuk digunakan dalam masakan-masakan yang lain. Namun tidak sedikit pula orang yang membuang sisa sambal karena dirasa sudah nggak bisa dimanfaatkan lagi. Eits, jangan salah. Sisa sambal ini meskipun sering disepelekan ternyata juga bisa dimanfaatkan menjadi makanan lain yang tidak kalah enak. Jadi kalau kita punya sisa sambal, coba manfaatkan menjadi makanan-makanan di bawah ini.

1. Nasi goreng

Menikmati nasi goreng tanpa sambal emang bisa dibilang kurang enak. Nah kalau punya sisa sambal seperti sambal bajak atau sambal terasi, sebaiknya jangan langsung dibuang. Sisa sambal ini bisa dimanfaatkan menjadi campuran bumbu nasi goreng. Cara membuat nasi goreng dari sisa sambal ini juga nggak jauh berbeda dengan nasi goreng pada umumnya, hanya saja kita bisa menambahkan bawang putih dan bawang merah bila dirasa kurang sedap. Selain itu, jangan lupa tambahkan garam atau bahan lain seperti ayam dan telur agar nasi goreng dari sisa sambal menjadi lebih sedap.

2. Telur dadar

Selain untuk membuat nasi goreng, sisa sambal bajak dan sambal terasi juga bisa dicampurkan dalam telur dadar. Telur dadar dengan tambahan sambal ini akan terasa lebih sedap dan lebih berbumbu dari telur dadar biasa. Namun bila menambahkan sambal ke dalam telur dadar, kita harus menggorengnya dengan api yang kecil. Hal ini karena sambal biasanya mengandung gula sehingga rawan membuat telur dadar menjadi mudah gosong meski bagian dalamnya belum matang.

3. Campur dalam lodeh.

Cara lain memanfaatkan sisa sambal adalah dengan mencampurkannya ke dalam sayur lodeh. Penambahan sambal pada sayur lodeh membuat lodeh terasa lebih sedap dan terasa sedikit pedas. Tambahkan sisa sambal bila ada agar sayur lodeh menjadi lebih lezat.

4. Mie goreng

Hampir sama dengan nasi goreng, kita juga bisa mencampurkan sisa sambal ke dalam mie goreng. Selain sambal bajak, kita bisa menambahkan sisa sambal hijau ke dalam mie goreng agar rasanya lebih pedas. Tambahkan sedikit air ketika membuat mie goreng agar sambal bisa lebih meresap.

5. Tumisan

Sisa sambal juga bisa dimanfaatkan menjadi tambahan bumbu untuk tumisan. Sambal bajak atau sambal hijau bisa ditambahkan dalam tumis tempe dan tahu. Jangan lupa tambahkan juga saus tiram dan kecap manis untuk menyeimbangkan rasanya.

Memanfaatkan sisa sambal bukanlah hal yang susah. Kita bisa berkreasi dengan sisa sambal yang ada di rumah. Bila ada sisa sambal sebaiknya jangan langsung dibuang karena masih bisa dimanfaatkan menjadi campuran makanan lain yang tidak kalah endeusnya.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya