Selama bulan puasa, tidak jarang ayam disajikan sebagai hidangan berbuka. Siapa sangka daging ayam ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh

Ayam merupakan salah satu daging yang sering dijumpai dalam hidangan berbuka di Indonesia. Daging ayam menjadi makanan favorit karena mudah didapat dan mudah diolah. Tahu nggak sih ? Ayam ternyata mengandung gizi yang baik untuk tubuh setelah seharian berpuasa.

Mau tahu apa saja manfaat daging ayam sebagai menu berbuka puasa? Bagaimana cara mengolah ayam untuk hidangan berbuka? Simak uraian berikut ini, ya.

1/ Dada Ayam Mengandung Protein Paling Banyak

Bagian ayam yang paling banyak mengandung protein adalah dada. Dalam 100 gram dada ayam terkandung 31 gram protein. Protein membantu membangun dan mempertahankan massa otot kita tanpa menimbun lemak. Selain itu, protein membantu pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh kita. Bagi kita yang sedang berpuasa, memenuhi kebutuhan protein dengan mengonsumsi dada ayam dapat meningkatkan rasa kenyang sehingga kita tidak makan berlebihan saat berbuka.

2/ Daging Ayam Kaya Vitamin dan Mineral

Bukan hanya sumber protein yang baik, daging ayam juga kaya vitamin dan mineral. Vitamin B di dalam daging ayam bermanfaat mencegah katarak dam ganggguan kulit, meningkatkan kekebalan tubuh, serta memperbaiki sistem saraf. Daging ayam juga mengandung Vitamin D yang membantu tubuh kita menyerap kalsium dengan baik sehingga tulang-tuluang kita tetap sehat. Terdapat juga Vitamin A yang membantu penglihatan.

Mineral seperti zat besi juga terkandung di dalam daging ayam. Zat besi membantu tubuh membentuk hemoglobin dan menghilangkan anemia. Selain itu, terdapat juga fosfor yang membantu memperbaiki kesehatan tulang, menjaga fungsi otak, merawat gigi, dan memperbaiki masalah metabolisme.

3/ Terdapat Anti-depresan Alami dalam Daging Ayam

Terdapat kandungan asam amino yang disebut dengan tryptophan dalam daging ayam. Zat inilah yang berfungsi sebagai anti-depresan. Tryptophan meningkatkan kadar serotonin di otak sehingga bermanfaat positif untuk memperbaiki suasana hati.

4/ Kulit Ayam adalah Sumber Glisin

Banyak orang menyukai kulit lain, sebagian lagi tidak mau memakannya karena mengganggap kulit ayam tidak sehat. Taukah kamu? Kulit ayam kaya akan glisin. Apasih fungsi glisin?

Glisin adalah asam amino primer yang terlibat dalam sintesis kolagen. Nah, kolagen baik untuk kesehatan kulit kita. Secara umum, glisin paling banyak ditemukan di potongan daging ayam yang dekat dengan tulang, kulit, dan jaringan ikat. Selain untuk sintesis kolagen, glisin juga memiliki manfaat lain. Keseimbangan optimal antara metionin dan glisin dalam tubuh memiliki manfaat untuk memperpanjang umur sekitar 30%.

Wah, ternyata daging ayam yang kita konsumsi sehari-hari ini memiliki banyak manfaat ya. Ayam sangat cocok dijadikan menu berbuka puasa bersama keluarga dan teman-teman.

ENDEUSiast bisa mendapatkan manfaat daging ayam secara optimal jika memasaknya dengan benar. Gunakan metode steaming , broiling , roasting and grilling dalam mengolah ayam. Jangan terlalu sering menggoreng ayam karena akan meningkatkan kolesterol tubuh.

Sebagi inspirasi memasak, ENDEUSiastbisa mencoba beberapa resep di bawah ini:

Menu mana nih yang akan ENDEUSiast pilih untuk berbuka nanti? Selamat mencoba!

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.