Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Tahu merupakan bahan yang sering dijadikan sebagai olahan dalam menu keseharian. Ternyata tahu memiliki banyak manfaat untuk mencegah penyakit.

Tahu merupakan makanan berbahan dasar dari kedelai melalui proses pengendapan dan difermentasi. Kita banyak menjumpai tahu dalam menu keseharian. Jika dilihat memang tahu merupakan menu yang cukup sederhana. Tapi, dibalik kesederhanaan tahu terdapat berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan.

Sekalipun tahu terbilang sangat murah, makanan ini memiliki kandungan zat dan gizi yang mampu mencegah berbagai penyakit. Penyakit apa saja yang mampu dicegah oleh tahu? Mari kita simak pembahasannya dibawah ini.

1/ Penyakit Kanker Payudara

Kanker masih menjadi penyakit yang mematikan. Khususnya untuk wanita akan sangat rentan terkena penyakit kanker seperti kanker payudara. Kandungan zat antioksidan yang terdapat dalam tahu dipercaya mampu untuk menangkal berbagai jenis kanker salah satunya adalah kanker payudara. Caranya cukup mudah, ENDEUSiast hanya perlu mengkonsumsi tahu secara rutin dengan porsi secukupnya atau sekitar 1 hingga 2 porsi sehari. Selain kanker payudara, tahu juga dapat mencegah kanker prostat.

2/ Penyakit Jantung

Selain kanker, penyakit jantung juga sangat berbahaya. Banyak orang yang mati mendadak karena penyakit jantung. Untuk mencegah munculnya penyakit berbahaya ini disarankan untuk mengkonsumsi tahu. Selain memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, tahu juga terdapat isoflasin. Kandungan isoflasin dipercaya mampu untuk menurunkan kadar lemak jahat di tubuh yang bisa menyebabkan penyakit jantung.

Penyakit jantung disebabkan oleh penumpukan lemak jahat disekitar pembuluh darah dan otak. Hampir semua jenis bahan olahan kedelai mampu menurunkan kolestrol dalam tubuh. Asalkan dikonsumsi secara rutin dengan porsi yang tepat.

3/ Diabetes

Bagi penderita diabetes memang cukup sulit untuk mengkonsumsi berbagai macam makanan karena ada beberapa yang menjadi pantangan. Penderita diabetes juga rentan terkena komplikasi penyakit salah satunya gangguan ginjal. Penyakit yang satu ini bisa dikurangi dengan mengkonsumsi tahu sebagai pengisi protein harian. Seorang penderita diabetes yang mengkonsumsi makanan mengandung protein nabati bisa lebih mempermudah kerja pada ginjal.

Itulah manfaat dari tahu yang bisa mencegah dan mengurangi berbagai penyakit. Untuk bisa merasakan secara maksimal ada tips yang bisa ENDEUSiast ikuti yaitu jadikanlah tahu sebagai makanan protein nabati setidaknya 1 atau 2 porsi dalam sehari.

Terapkan metode masak yang sehat seperti misal memasak tumis tauge tahu kuning. Tauge sendiri juga sangat bagus untuk kesehatan. Jadi bila tauge dan tahu dijadikan satu menjadi olahan tumisan maka sudah cukup bergizi sebagai makanan sehari-hari. Setelah membaca ini, apakah sudah mempunyai ide untuk memasak tahu hari ini? Pastikan porsinya sesuai dengan kebutuhan ya, jangan terlalu berlebihan karena dikhawatirkan justru dapat membahayakan kesehatan.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.