Makanan Yang Perlu Dihindari Saat Sarapan
Makanan Yang Perlu Dihindari Saat Sarapan

Jika menginginkan sarapan sehat, beberapa makanan berikut perlu ENDEUSiast hindari. Apa saja?

Makanan untuk sarapan seharusnya mengandung semua nutrisi yang diperlukan oleh tubuh seperti karbohidrat, protein, dan serat. Sarapan dengan makanan yang sehat membantu ENDEUSiast agar bisa beraktivitas dengan lebih baik. Meskipun makanan sarapan harus mengandung nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, faktanya banyak yang tidak memperhatikan menu sarapan. Tidak semua makanan boleh dikonsumsi ketika sarapan, termasuk beberapa makanan berikut ini.

1/ Jus buah tanpa makanan lain

Banyak orang yang beranggapan bila minum jus buah sudah termasuk sebagai sarapan. Padahal minum jus buah tanpa makanan lain tidak disarankan karena kandungan gizinya tidak seimbang. Jus buah hanya mengandung gula dan karbohidrat yang tinggi sehingga cenderung membuat ENDEUSiast makan lebih banyak camilan. Bila ingin minum jus buah untuk sarapan, sebaiknya buat sendiri jusnya dari buah dan sayuran tanpa tambahan gula. Selain itu, tetap imbangi dengan konsumsi makanan lain agar kebutuhan nutrisi tubuh tercukupi.

2/ Pastry atau donat

Siapa sangka bila pastry seperti donat, croissant, muffin, bagel, dan cake tidak disarankan untuk dikonsumsi sebagai menu sarapan. Makanan ini mengandung karbohidrat dan gula yang tinggi sehingga akan membuat ENDEUSiast lebih cepat lapar. Hal ini karena makanan dengan karbohidrat simpel seperti tepung dan gula sangat mudah dicerna. Selain itu, proses pemasakan makanan dengan cara deep fried membuat donat mengandung kalori dan lemak yang tinggi.

3/ Makanan olahan

Makanan olahan memang praktis terlebih untuk menu sarapan. Sosis, ham, bacon, dan nugget adalah makanan olahan yang tidak membutuhkan proses pemasakan yang lama dan rasanya juga sudah lezat. Namun jenis makanan yang satu ini tidak disarankan untuk sarapan karena meningkatkan resiko obesitas dan kegemukan. Hal ini karena makanan olahan banyak mengandung lemak jenuh yang tidak sehat.

4/ Sereal rendah serat

Sereal adalah pilhan menu sarapan banyak orang karena sangat praktis dan tidak ribet. Namun dibalik praktisnya sereal, makanan yang satu ini ternyata mengandung serat yang rendah. Sehingga bila dikonsumsi untuk sarapan, sereal akan membuat ENDEUSiast lebih mudah lapar dan cenderung ingin ngemil. Selain itu, penambahan pewarna dan bahan additive lainnya pada sereal juga kurang baik untuk tubuh.

5/ Makanan dengan karbohidrat berlebih

Salah satu sarapan yang populer di Indonesia adalah nasi uduk, bihun, dan gorengan. Makanan tersebut termasuk dalam kategori makanan dengan karbohidrat tinggi sehingga tidak disarankan untuk menu sarapan. Nasi uduk sudah mengandung karbohidrat, bila ditambah dengan bihun, kering kentang, dan gorengan, ENDEUSiast bisa membayangkan berapa kandungan karbohidratnya. Selain itu, gorengan juga bukan pilihan menu sarapan yang bijak karena makanan satu ini tidak mengandung cukup gizi namun kandungan lemaknya tinggi.

Helen Christianti