Makanan Unik Berbahan Cokelat untuk Sajian Hari Valentine
Makanan Unik Berbahan Cokelat untuk Sajian Hari Valentine

Cokelat adalah makanan yang identik dengan perayaan Valentine. Tapi apa jadinya bila cokelat dijadikan bahan makanan utama?

Salah satu makanan yang hampir selalu disajikan ketika perayaan Valentine adalah cokelat. Makanan yang satu ini biasanya diolah menjadi kue-kue manis ataupun dijadikan permen cokelat atau praline . Namun apa jadinya bila cokelat dijadikan salah satu bahan campuran untuk makanan utama?

Berikut ini adalah beberapa makanan unik dengan bahan cokelat yang bisa disajikan untuk hari Valentine.

1/ Ramen Cokelat

Ramen adalah salah satu makanan yang berbahan dasar mie. Makanan khas Jepang ini menggunakan kuah kaldu yang gurih. Spesial untuk hari Valentin, kuah ramen diberi campuran cokelat sehingga warnanya menjadi lebih gelap. Masalah rasa, ramen cokelat ini tidak usah diragukan lagi. Perpaduan kaldu yang gurih dan cokelat yang manis pahit membuat ramen cokelat mempunyai rasa yang unik dan lezat.

2/ Mexican Chicken Mole

Di negara asal cokelat, Meksiko sudah terbiasa mengkombinasikan cokelat dengan bahan makanan asin. Mexican Chicken Mole adalah salah satu olahan daging ayam yang dalam bahasa Meksiko disebut Pollo con Mole poblano . Masakan yang satu ini adalah olahan ayam yang disajikan dengan nasi dan disiram dengan saus cokelat di atasnya.

3/ Champorado

Filipina memiliki satu masakan yang juga menggunakan cokelat sebagai bahan dasarnya. Champorado adalah sejenis bubur beras yang dimasak dengan cokelat kemudian disajikan dengan ikan asin. Membuat Champorado ini juga sangat mudah, ENDEUSiast hanya perlu memasak bubur nasi dan mencairkan cokelat kemudian mencampurkan keduanya. Sajikan bubur beras cokelat ini dengan ikan asin yang sudah digoreng. Hmmm, yummy.

4/ Choco Fried Chicken

Ayam goreng dengan saus cokelat adalah salah satu makanan yang sempat hits di Indonesia. Makanan yang satu ini berbahan dasar fried chicken atau ayam goreng krispi. Ayam goreng kemudian disiram dengan saus cokelat yang manis dan gurih. Meskipun perpaduan dua makanan ini terlihat aneh, namun nyatanya banyak orang yang menyukai makanan yang satu ini. Apakah ENDEUSiast juga tertarik untuk mencoba membuat ayam goreng cokelat untuk Valentine?

5/ Saus CokelatBarbeque

Kalau ENDEUSiast masih belum berani mencampurkan cokelat secara langsung ke dalam makanan utama, ENDEUSiast bisa mencoba mengkreasikan cokelat menjadi Saus Cokelat Barbeque . Penambahan cokelat dalam saus BBQ membuat rasa saus menjadi semakin kuat dan manis. Saus Cokelat Barbeque ini bisa digunakan sebagai bumbu marinasi atau olesan untuk menu barbeque . Namun kalau ENDEUSiast masih ragu, ENDEUSiast bisa menggunakan saus cokelat barbeque ini menjadi saus cocol yang sedap.

Kombinasi cokelat dengan makanan utama atau makanan dengan rasa asin memang bukan hal yang umum. Namun, bukan berarti tidak bisa dilakukan. ENDEUSiast hanya perlu menggunakan kreativitas dan keberanian untuk mengombinasikan cokelat dengan makanan yang lain. Selamat mencoba!

Endeustorial

Ikuti Instagram