Nasi termasuk makanan pokok di Indonesia. Padahal, ada banyak alternatif makanan selain nasi yang juga layak dicoba!

Salah satu makanan pokok di Indonesia adalah nasi. Bagi sebagian besar orang Indonesia, belum makan bila belum makan nasi. Memang hampir semua makanan Indonesia disajikan dengan nasi seperti soto, rawon, pecel, dan sebagainya. Bahkan beberapa orang juga menyajikan nasi dengan mie instan.

Padahal selain nasi, Indonesia mempunyai banyak jenis makanan lain yang bisa menjadi sumber karbohidrat lebih sehat. Berikut ini beberapa makanan tradisional Indonesia yang bisa menjadi pengganti nasi.

1/ Nasi Jagung

Meskipun namanya nasi, namun nasi jagung ini tidak mengandung nasi lho. Nasi jagung dibuat dari jagung yang ditumbuk hingga menjadi seperti beras lalu kemudian dimasak. Tekstur nasi jagung ini memang lebih pera atau kering dibanding dengan nasi pada umumnya. Nasi jagung ini mempunyai rasa yang lebih gurih dan lebih manis daripada nasi jagung.

Biasanya nasi jagung ini disajikan dengan urap sayur dan sayur lodeh. Selain itu nasi jagung ini juga bisa diolah menjadi nasi goreng dengan citarasa yang unik. Dalam 100 gram nasi jagung mengandung 147 kalori, namun belum termasuk dengan makanan pendampingnya ya.

2/ Nasi Tiwul

Selain nasi jagung, ada juga nasi tiwul yang juga makanan pengganti nasi. Nasi tiwul ini dibuat dari ubi kayu yang dikeringkan kemudian dihaluskan hingga menjadi seperti beras. Dua jenis nasi ini memang identik dengan kemiskinan namun sebenarnya mengandung nilai gizi yang tidak kalah dengan nasi putih biasa. Dalam 100 gram nasi tiwul ini mengandung 121 kalori saja lho.

3/ Sagu

Bagi masyarakat dari bagian timur Indonesia, sagu adalah salah satu makanan pokok yang lebih populer di banding dengan nasi. Makanan yang satu ini berasal dari pohon sagu yang sudah diolah melalui proses yang panjang. Tekstur sagu yang sudah matang ini bening dan kenyal. Biasanya disajikan denan ikan kuah kuning. Kandungan kalori sagu juga termasuk sedikit yaitu 61 kalori saja dalam 100 gramnya.

4/ Ubi

Ubi adalah salah satu umbi yang murah namun mengandung gizi yang tinggi. Makanan ini bisa menjadi salah satu pengganti nasi dengan banyak manfaat. Rasanya yang manis alami membuat ubi ini tetap aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Kandungan kalori pada ubi mencapai 119 kalori per seratus gram.

5/ Sukun

Selain ubi, sukun adalah salah satu makanan penggganti nasi yang bisa mengatasi kelaparan. Hal ini akrena sukun mudah tumbuh tanpa perlu benih dan bisa menghasilkan buah dengan karbohirdat yang baik. Dalam 100 gram sukun terkandung 105 kalori namun kandungan lemaknya rendah.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.