Mie adalah makanan favorit sejuta umat di Indonesia dengan berbagai macam olahan. Berikut beberapa sajian mie dari berbagai daerah Indonesia.

Tidak diragukan lagi bila mie adalah salah satu makanan favorit hampir semua orang Indonesia. Mulai dari mie instan hingga olahan mie yang lain selalu mempunyai penggemar sendiri. Di Indonesia, makanan ini mempunyai banyak jenis olahan yang khas. Berikut ini adalah beberapa makanan olahan dengan bahan mie yang banyak digemari dan cukup populer di Indonesia.

1/ Soto Mie, Bogor

Soto memang lebih sering disajikan dengan nasi ataupun lontong. Namun di Bogor, soto juga populer disajikan dengan mie. Soto mie adalah makanan yang berasal dari Betawi namun lebih dikenal di Bogor. Makanan yang satu ini terdiri dari mie basah yang disajikan dengan kuah kaldu bening, jeroan, tauge, telur ayam, tomat, dan juga risol bihun.

2/ Bakmi Jawa

Bakmi jawa adalah salah satu olahan mie yang populer di daerah Yogyakarta, Solo, dan sekitarnya. Bakmi ini menggunakan mie kuning yang tebal dengan bumbu yang lengkap. Selain itu, bakmi jawa juga menggunakan taburan daun seledri sehingga aromanya menjadi sedap dan wangi.

3/ Mie Tiaw, Pontianak

Di Pontianak, ada satu olahan mie yang populer yaitu mie tiaw. Olahan mie yang satu ini terbuat dari kwetiau atau mie yang terbuat dari beras dengan bentuk yang besar. Rasa mie tiaw ini lembut dan juga renyah dari sayuran yang digunakan. Citarasa mie tiaw ini manis, gurih, legit, dan dijamin bikin ketagihan.

4/ Cwi Mie, Malang

Salah satu olahan mie yang populer di Malang adalah Cwie Mie. Makanan dengan bahan dasar mie yang satu ini juga dikenal sebagai pangsit mie. Mi yang digunakan adalah mie telur dengan ukuran kecil. Yang istimewa dari cwie mie adalah mie hanya dimasak dengan cara direbus kemudian dicampur dengan garam, merica, dan minyak ayam. Cwie mie biasanya disajikan dengan sayuran sawi, bawang daun, ayam cincang, dan kerupuk pangsit.

5/ Mie Celor, Palembang

Kalau sebagian besar mie disajikan dengan kuah bening, namun mie celor disajikan dengan kuah santan yang kental. Mie yang berasal dari Palembang ini menggunakan kuah santan kental dengan rasa udang rebon sebagai pelengkap mie. Mie yang digunakan untuk makanan ini berukuran lebih lebar dari mie pada umumnya, hampir mirip dengan mie udon.

6/ Mie Aceh

Masih satu saudara dengan mie celor, mie aceh juga menggunakan kuah yang kental pada sajiannya. Mie Aceh ini dibuat dengan bumbu rempah-rempah yang pekat dengan rasa yang sedikit pedas. Makanan yang satu ini biasanya disajikan dengan emping dan juga acar mentimun.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.