Makanan Serba Ayam Panggang Populer dari Berbagai Negara
Makanan Serba Ayam Panggang Populer dari Berbagai Negara

Ayam menjadi bahan makanan populer di seluruh dunia. Bahkan setiap negara pun memiliki sajian khasnya tersendiri. Apa saja?

Salah satu makanan yang banyak disukai adalah olahan daging ayam panggang . Makanan yang satu ini cukup populer di Indonesia dan juga populer di banyak negara. Makanan serba ayam panggang banyak disukai karena dianggap lebih sehat daripada olahan daging ayam yang lain. Selain itu, ayam panggang juga mempunyai tekstur daging yang lebih kesat. Berikut ini adalah beberapa makanan serba ayam yang populer di banyak negara.

1/ Huli Huli Chicken

Huli huli chicken adalah salah satu makanan berbahan dasar daging ayam yang dipanggang dari Hawai. Makanan yang satu ini dimasak diatas kayu mesquite dan dioles dengan saus huli-huli yang manis. Dalam bahasa Hawai, huli berarti ‘putar’ sehingga huli-huli chicken ini dibuat dengan pemanggang yang berputar dan diolesi dengan saus. Secara umum, bahan yang digunakan untuk saus huli-huli chicken adalah jus nanas, saus tomat, madu, kecap, jahe, wijen, dan bawang putih.

2/ Inasal Na Manok

Makanan serba ayam panggang adalah inasal na manok atau dikenal dengan inasal. Makanan yang satu ini berbahan dasar daging ayam yang dibumbui dengan calamansi, atau jeruk khas Filipina, lada, annatto, dan cuka kelapa. Daging ayam kemudian dipanggang dengan bara api. Inasal kemudian disajikan dengan nasi dan saus pendamping yang terbuat dari calamansi, kecap, cuka, dan minyak ayam.

3/ Sajji

Dari Pakistan, ada salah satu makanan dengan bahan dasar daging ayam yang dipanggang. Sajji terbuat dari daging ayam utuh yang direndam dengan garam kemudian ditutupi dengan pasta pepaya hijau dan diisi dengan nasi. Ayam utuh yang sudah dibumbui kemudian ditusuk dengan tusuk sate dipanggang hingga matang. Sajji ini biasanya disajikan dengan roti naan yang juga dibuat dengan cara dipanggang.

4/ Kai Yang

Kai yang adalah salah satu makanan yang berbahan dasar ayam panggang dari Laos dan Thailand. Makanan yang satu ini tersedia di pasar tradisional Thailand. Kai yang menggunakan satu ekor ayam utuh yang dibagi menjadi dua dan ditumbuk rata. Daging ayam kemudian diasinkan dan dipanggang dalam waktu yang lama diatas bara api. Kai yang ini biasanya disajikan dengan somtam atau salad pepaya hijau, nasi ketan, dan juga sayuran mentah dan saus pedas.

5/ Shish Taouk

Turki memang surganya kebab atau daging panggang. Salah satu jenis kebab yang populer di Turki adalah shish taouk atau sejenis sate ayam. Makanan yang satu ini menggunakan daging ayam yang dipotong kubus, lalu ditusuk dengan tusuk sate dan dipanggang. Shish taouk ini biasanya disajikan dengan kentang goreng atau nasi, sayur panggang, dan juga yogurt.

Endeustorial

Ikuti Instagram