Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Kalau bingung menentukan makanan untuk makan malam, ENDEUSiast bisa coba olahan sejenis salad Ala Indonesia berikut ini.

Banyak orang yang memilih makanan fancy untuk menu makan malam, seperti steak dan , pasta. Tapi kalau ENDEUSiast lebih memilih makanan sehat untuk sajian makan malam, salad adalah salah satu pilihan yang tepat. Biasanya, salad dibuat dari campuran sayuran dengan dressing yang ringan dan segar. Berikut adalah salad Ala Indonesia yang bisa menjadi referensi menu makan malam.

1/ Urap Sayur

Urap sayur adalah salah satu varian salad khas Indonesia yang banyak digemari. Berbeda dengan salad lainnya, urap sayur menggunakan bumbu kelapa sebagai ‘saus’ nya. Kelapa yang digunakan adalah kelapa setengah tua sehingga rasanya tidak kasar, kemudian kelapa diparut secara memanjang. Kelapa parut ini dicampur dengan bumbu-bumbu kemudian disangrai atau dikukus hingga matang. Sayuran yang digunakan untuk urap sayur bisa bervariasi seperti kubis, kangkung, kacang panjang, mentimun, tauge rebus dan sebagainya.

2/ Trancam

Trancam adalah salah satu makanan sejenis salad Indonesia yang penampilannya mirip dengan urap sayur. Makanan yang satu ini menggunakan bumbu kelapa yang sama dengan urap sayur. Bedanya, trancam menggunakan sayuran mentah seperti mentimun, petai cina, tauge, dan kemangi. Semua sayuran diiris dalam ukuran yang sama dan kemudian dicampur dengan bumbu kelapa. Agar lebih sedap, ENDEUSiast bisa menambahkan tempe yang sudah dibakar ke dalam trancam.

3/ Plecing Kangkung

Kalau bosan dengan sajian tumis kangkung, ENDEUSiast bisa mencoba membuat plecing kangkung. Makanan yang satu ini berasal dari Nusa Tenggara Barat dan menjadi salah satu olahan salad lezat khas Indonesia. Bahan utama plecing kangkung ini adalah kangkung yang sudah direbus, kemudian disajikan dengan sambal yang pedas. Sambal untuk plecing ini terdiri dari cabai rawit, tomat, terasi, garam, dan perasan air jeruk. Makanan yang satu ini sangat cocok dihidangkan dengan nasi hangat dengan lauk ikan bakar yang sedap.

4/ Karedok

Karedok adalah salah satu makanan khas Sunda yang sangat populer di Indonesia. Mirip seperti trancam, sayuran yang digunakan untuk karedok semuanya terdiri dari sayuran mentah, seperti tauge, mentimun, kacang panjang, terong bulat, dan daun kemangi. Kalau trancam menggunakan bumbu kelapa, karedok ini menggunakan bumbu kacang yang gurih dan creamy .

5/ Gado-Gado

Gado-gado adalah salah satu salad khas Indonesia yang banyak disukai dan tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia. Sama dengan karedok, gado-gado disajikan dengan bumbu kacang yang gurih dan creamy . Bedanya, sayuran untuk gado-gado umumnya direbus terlebih dahulu. Selain itu, gado-gado juga ditambahkan dengan irisan lontong dan kerupuk.

Nah, Varian salad Ala Indonesia di atas bisa menjadi salah satu ide menu makan malam yang sehat. Kira-kira ENDEUSiast mau coba yang mana?

Home
Pencarian
Profil
Lainnya