Makanan Sehat untuk Makan Malam Ketika Sedang Berdiet
Makanan Sehat untuk Makan Malam Ketika Sedang Berdiet

Ingin makan makanan di malam hari tapi sedang berdiet? Jangan bingung, berikut menu makan malam sehat untuk ENDEUSiast yang sedang diet.

Menentukan menu makanan untuk makan malam, memang bukan hal mudah apalagi ketika sedang berdiet. Banyak orang yang takut makan malam, karena takut bertambah gemuk. Padahal bila ENDEUSiast pandai memilih menu makanan, makan malam bukanlah sesuatu yang harus dihindari bahkan ketika sedang berdiet. Berikut ini beberapa menu makanan sehat untuk makan malam tanpa takut timbangan bergeser ke kanan.

1/ Steak

Beberapa orang menghindari daging merah ketika sedang berdiet karena takut dengan kalorinya. Padahal berdasarkan penelitian, daging merah justru membantu pembakaran kalori dalam tubuh, lho. Agar lebih sehat, ENDEUSiast bisa memilih steak daging dengan daging tenderloin atau topside steak yang tidak mempunyai banyak lemak. Selain itu, ENDEUSiast juga perlu bijak dalam menggunakan saus untuk steak karena biasanya justru saus inilah yang mengandung kalori tinggi.

2/ Sup Ayam

Selain steak, kaldu juga memberikan efek kenyang yang cepat dan tidak mengandung terlalu banyak kalori. Dengan begitu ENDEUSiast bisa makan sedikit, namun kenyang untuk waktu yang lama. Kaldu ayam yang dimaksud adalah kaldu yang dibuat sendiri dari ayam organik, bukan kaldu instan yang mengandung banyak zat aditif. Agar lebih sedap, ENDEUSiast bisa menggunakan kaldu ayam dalam sup sayur, capcay, atau tumis.

3/ Ikan

Daripada makan ayam goreng yang berkalori tinggi, ENDEUSiast bisa memilih ikan dengan kandungan gizi yang sama baik namun kalorinya lebih rendah. Selain itu, ikan juga mengandung DHA yang bisa membantu menghilangkan lemak yang menumpuk. Untuk makan malam, ENDEUSiast bisa menggunakan fillet ikan yang lebih praktis dan tidak perlu repot membuang duri. Meskipun ikan adalah pilihan yang sehat, namun hindari menggoreng ikan, ya. Cukup rebus atau panggang ikan agar kalorinya tetap terjaga dan tetap sehat.

4/ Seafood

Selain ikan, seafood adalah sumber protein yang juga bagus dikonsumsi ketika sedang diet. Meskipun tidak semua seafood rendah kalori, namun ENDEUSiast bisa mengkonsumsi udang, cumi-cumi, scallops , dan sejenisnya. Seafood ini mempunyai kandungan kalori yang rendah namun kaya akan vitamin dan mineral.

5/ Sayuran

Menu makanan yang wajib ada ketika sedang diet adalah sayuran. Selalu tambahkan sayuran pada setiap menu makan agar asupan nutrisi jadi seimbang. ENDEUSiast bisa mengolah sayuran menjadi salad atau tumis agar rasanya lebih lezat.

6/ Tahu

Selain produk hewani dan sayuran, protein nabati juga bisa menjadi salah satu alternatif menu makanan sehat. Salah satunya adalah tahu yang rendah kalori, namun tinggi serat. Tahu dapat membantu ENDEUSiast agar lebih cepat kenyang. Sekelas dengan tahu, tempe malah sebaiknya tidak dikonsumsi untuk makan malam. Hal ini karena kandungan kalori pada tempe lebih tinggi daripada kalori pada tahu.

Mulai sekarang ENDEUSiast tidak perlu takut lagi untuk makan malam saat sedang berdiet. ENDEUSiast bisa memilih berbagai alternatif menu makan malam sehat di atas.

Endeustorial

Ikuti Instagram