Bengkulu memiliki beberapa makanan khas yang unik dan lezat. Yuk kita lihat bersama.

Makanan khas daerah kerap dicari karena memiliki cita rasa yang unik. Makanan khas ini sering dijadikan oleh-oleh atau buah tangan. Setiap daerah di Indonesia pasti memiliki makanan khas yang berbeda-beda, tak terkecuali Bengkulu.

Provinsi Bengkulu terletak di Pulau Sumatra. Provinsi ini terkenal karena wisata pantainya yang indah dan panjang. Tidak hanya tempat wisata, Bengkul juga termasyur karena makanan khasnya yang unik dan lezat. Mau tahu makanan khas Bengkulu? Simak sampai habis, ya.

1/ Pendap

Pendap adalah makanan khas Bengkulu yang di dalamnya terdapat isian daging ikan. Daging ikan tersebut dibungkus menggunakan daun talas. Sebelumnya, daging ikan dibumbui dengan rempah-rempah yang nikmat. Makanan tradisional ini dikukus selama delapan jam. Hal ini berguna agar bumbu meresap ke dalam daging ikan dan daun talas menjadi lembut. Pendap atau disebut juga Ikan Pais biasa disajikan sebagai lauk bersama dengan nasi putih hangat dan sambal tempoyak.

2/ Sambal Tempoyak

Sambal Tempoyak adalah sambal khas Provinsi Bengkul. Sambal ini unik banget loh. Di dalamnya terdapat campuran fermentasi buah durian. Selain itu, sambal ini juga diolah dengan ikan patin. Wih, bagaimana rasanya ya? ENDEUSiast yang suka pedas dan durian pasti akan menyukainya. Jangan lupa mencicipinya saat berkunjung ke Bengkulu, ya.

3/ Lempuk Durian

Bengkulu memang terkenal akan buah durian. Jika ENDEUSiast berkunjung ke sana, ENDEUSiast akan menemukan banyak durian. Makanan olahan durian yang paling populer khas Bengkulu adalah lempuk durian. Makanan tradisional ini memiliki warna dan tekstur seperti dodol karena terbuat dari temput gandum. Dalam satu gigitan lempuk durian, ENDEUSiast akan merasakan tekstur yang kenyal dan lembut serta rasa buah durian yang endeus banget.

4/ Kue Tat

Dulu, kue tat hanya disajikan untuk kalangan bangsawan dan kerajaan saja. Namun kini, siapa saja bisa mencicipi kue khas Bengkulu. Sekilas, kue ini mirip dengan apple pie. Namun, ketika ENDEUSiast memakannya, ENDEUSiast pasti akan langsung teringat dengan nastar karena selai nanasnya. Kue tat juga disajikan dalam ukuran kecil bernama kue anak tat.

5/ Kue Perut Punai

Punai adalah salah satu jenis burung yang sering ditemukan di Bengkulu. Isi perut burung ini memiliki bentuk yang sama seperti kue berbahan dasar tepung beras, gula, dan garam. Oleh karena itu, isi perut burung punai dijual dan dikonsumsi sebagai camilan yang nikmat.

6/ Kopi Bengkulu

Pulau Sumatra memang termasyur sebagai penghasil kopi terbaik di Indonesia. Bengkulu tentu saja juga memiliki kopi khasnya sendiri. Buat ENDEUSiast pecinta kopi, jangan sampai melewatkan membeli kopi ini. Aromanya begitu nikmat dan pekat. ENDEUSiast bisa membelinya dalam bentuk biji maupun bubuk di pusat oleh-oleh.

7/ Gulai Pisang

Kita sudah biasa mencicipi gulai ayam, kambing, maupun sapi, bukan? Di Bengkulu, ENDEUSiast bisa menikmati gulai yang terbuat dari pisang. Wah, bagaimana rasanya? Makanan khas ini menawarkan cita rasa manis, guring, dan kaya akan rempah-rempah. Pisang yang digunakan adalah pisang yang belum terlalu lembek. Penasaran?

Nah itu dia tadi makanan khas Provinsi Bengkulu. ENDEUSiast tertarik mencoba yang mana? Baca juga kuliner khas Cirebon di sini ya.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.