Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Makanan pencuci setiap negara pasti berbeda dari negara lainnya. Begitu pula dengan Thailand. Yuk, simak makanan manis favorit dari negara ini.

Thailand merupakan salah satu negara yang menjadi tujuan wisata bagi masyarakat Indonesia. Selain memiliki tempat wisata yang menarik, Thailand memiliki keanekaragaman budaya dan makanan yang enak sehingga wisatawan tertarik mengunjungi Thailand. Thailand merupakan negara yang bisa menjadi rekomendasi tujuan liburan ke luar negeri namun dana terbatas.

Thailand menawarkan berbagai makanan lezat dengan harga yang cukup ramah di kantong. Oleh sebab itu, Thailand terkenal dengan makanan street food-nya . Bumbu yang digunakan untuk memasak makanan Thailand tidak jauh berbeda dengan Indonesia karena Indonesia dan Thailand merupakan negara yang berasal dari Asia Tenggara. Oleh sebab itu selera makan orang Indonesia hampir sama dengan selera makan orang Thailand.

Jika berkunjung ke Thailand, sebaiknya ENDEUSiast wajib mencoba makanan pencuci mulut khas Thailand. Berikut ini merupakan makanan pencuci mulut khas Thailand.

1/ Es Krim Kelapa

Sesuai dengan namanya, es krim kelapa disajikan dengan mangkuk berupa tempurung kelapa yang masih lengkap dengan daging buahnya. Perpaduan gurihnya daging kelapa dan manisnya es krim membuat es krim kelapa sangat cocok dimakan sebagai hidangan pencuci mulut terutama saat musim panas tiba. Es krim kelapa biasanya diberi topping agar-agar, jelly, kacang tanah, cokelat dan sebagainya. Jika ingin berburu es krim kelapa, sebaiknya berkunjunglah ke Pasar Chatuchak dimana akan banyak sekali penjual es krim kelapa di sini.

2/ Luk Chup

Pada zaman dahulu, luk chup hanya disajikan untuk bangsawan Thailand akan tetapi saat ini Luk Chup bisa dibeli di beberapa toko yang menjual makanan pencuci mulut di Bangkok. Luk chup merupakan permen yang terbuat dari marzipan kacang hijau yang berbentuk menyerupai buah atau sayur namun dalam ukuran yang lebih kecil.

3/ Khao Lam

Masyarakat Thailand suka mengkonsumsi ketan. Selain manggo sticky rice , masyarakat Thailand juga menikmati khao lam sebagai makanan pencuci mulut. Di Indonesia, khao lam mirip dengan lempet. Cara membuat makanan pencuci mulut ini sangat mudah. Ketan dimasukkan dalam bambu bersama dengan kacang merah, gula dan santan. Lalu dimasak sampai matang dan tunggu hingga santan terserap dalam ketan. Khao lam biasanya berisi wijen atau ketan hitam.

4/ Khanom Krok

Khanom krok merupakan kue yang berbentuk pancake yang terbuat dari bahan dasar kelapa. Makanan ini memiliki tekstur tipis dan renyah di bagian luar dan lapisan kelapa di bagian dalam yang sangat lembut. Khanom krok biasanya diberi topping daun bawang, jagung, ubi, atau labu. Jika ENDEUSiast mencari khanom krok , maka jangan lewatkan mengunjungi berbagai pasar malam di Thailand seperti pasar Ratchawat.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.