Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Selain di Indonesia, makanan yang banyak disukai di Asia adalah bubur. Biasanya bubur disajikan untuk sarapan ataupun pada waktu yang lain.

Selain di Indonesia, makanan yang banyak disukai di Asia adalah bubur. Biasanya bubur disajikan untuk sarapan ataupun pada waktu yang lain. Bubur ini banyak disajikan terutama di daerah Asia Tenggara dan Asia Timur. Berikut ini beberapa jenis bubur yang ada di negara-negara Asia.

1/ Khao tom

Di Thailand ada salah satu olahan bubur yang disebut khao tom. Berbeda dengan bubur yang ada di Indonesia, khao tom lebih tepat bila disebut sebagai nasi berkuah. Khao tom sebenarnya adalah nasi yang disiram dengan kaldu ayam sehingga rasanya gurih. Makanan yang satu ini disajikan dengan potongan ayam dan juga kecap ikan sebagai penambah rasa.

2/ Ochazuke

Ochazuke adalah salah satu sajian bubur yang berasal dari Jepang. Nama dari ochazuke berasal dari ocha yang berarti teh dengan tsuke yang berarti tenggelam. Seperti namanya, makanan yang satu ini adalah semangkuk nasi yang disiram dengan teh. Meskipun tidak umum, menyajikan nasi yang dicampur dengan teh, namun ochazuke ini tetap banyak digemari lho.

3/ Juk

Di Korea, sajian bubur juga banyak digemari. Bubur di Korea dikenal sebagai juk dan dibuat dengan banyak variasi seperti beras, kacang-kacangan, dan sebagainya. Salah satu yang populer adalah bubur beras dengan campuran daging dan sayuran. Berbeda dengan di Indonesia, bubur di Korea disajikan dengan potongan cumi, wijen, dan juga rumput laut serta kimchi.

4/ Congee

Kalau di Korea bubur disebut dengan juk, tapi di Cina bubur disebut dengan congee. Makanan ini hampir mirip dengan bubur yang ada di Indonesia yaitu terbuat dari nasi yang dihaluskan. Di Cina, congee atau bubur biasa disajikan dengan telur 100 tahun atau century egg yang berwarna hitam. Century egg ini difermentasi selama 100 hari dengan bahan-bahan abu, sekam padi, hingga soda kue.

5/ Chao

Di Vietnam, olahan bubur juga hampir mirip dengan bubur yang ada di Indonesia. Bubur di Vietnam disebut dengan chao, biasanya bubur ini dibuat dari bahan beras dengan campuran macam-macam daging seperti daging ayam, daging bebek, belut, ataupun ikan.

6/ Aroz caldo

Dari Filipina, ada satu olahan bubur yang dikenal sebagai aroz caldo. Makanan yang satu ini hampir mirip dengan bubur ayam atau congee. Namun ketika proses pemasakan, bubur biasanya ditambahkan dengan sumsum ayam dan disajikan dengan bawang goreng, daun bawang, dan jeruk nipis.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.