Semakin mantap dan lezat berkat guyuran kecap

"

Terbuat dari bahan utama gurihnya kedelai hitam dan gula aren yang legit, kecap dipercaya dapat menambahkan cita rasa ke dalam masakan. Tidak percaya? Ini dia beberapa makanan nusantara yang semakin mantap saat disandingkan dengan kecap!

1/ Nasi Goreng

Salah satu hidangan favorit segala usia! Saking populernya, hampir semua penjaja mulai dari kaki lima hingga restoran berbintang, tidak ada yang absen menyajikan hidangan ini. Dari mulai ditemani pendamping kerupuk hingga lilitan satay, semuanya enak disantap.

Nasi goreng khas Indonesia sendiri, memiliki karakteristik rasa sedikit manis, berkat penambahan kecap manis di akhir pemasakan. Nasi lalu dimasak hingga berasap sesaat sebelum disajikan.

2/ Kupat Tahu

Ada dua jenis kupat tahu yang terkenal karena kelezatannya. Kupat Tahu khas Singaparna dan Kupat Tahu khas Magelang. Keduanya sama-sama menggunakan bahan baku bumbu kacang yang gurih, dengan tambahan irisan kol, bakwan.

Selain itu, ada juga kupat tahu petis ala kupat tahu di Jalan Gempol, Bandung, yang memang sudah dikenal sejak lama. Kupat tahu khas Padalarang dengan kuah santan bercita rasa sedikit manis, juga menjadi salah satu sajian yang tidak boleh terlewat saat mengunjungi kota Bandung.

3/ Kwetiau Goreng

Selain mi dan bihun goreng, kwetiau goreng juga banyak digemari. Terdapat dua jenis tekstur yakni rapuh (menggunakan banyak tepung beras) dan kenyal (menggunakan tambahan tepung ketan). Agar lebih kaya rasa, berbagai isian seperti daging sapi, ayam, hingga kepiting, bisa ditambahkan ke dalam masakan ini.

4/ Ketoprak

Umum dijajakan dalam gerobak, ketoprak merupakan salah satu sajian yang sering dicari saat makan siang. Membuatnya tergolong mudah, semua bumbu digerus di dalam piring, yang lantas diberi tambahan bumbu kacang. Setelahnya potongan ketupat, tahu goreng, bihun, mentimun, dan taoge rebus dimasukkan ke dalam piring, dan beri guyuran kecap manis dan taburan bawang goreng yang semakin menambah kelezatannya.

Ketoprak juga dapat ditemui dalam berbagai versi seperti penambahan telur yang turut memperkaya rasa.

5/ Konro Bakar

Sajian khas Makassar, yang berbahan dasar iga sapi yang dilumuri oleh bumbu dan kemudian dibakar menggunakan kecap dan dibakar hingga harum. Semakin lezat disantap, saat ditemani oleh buras dan kuah kaldu dari sisa merebus konro yang diperkaya oleh rempah.

"

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.