Makanan Khas Perayaan Nyepi di Bali Yang Wajib Ada
Makanan Khas Perayaan Nyepi di Bali Yang Wajib Ada

Perayaan Nyepi tidak semeriah dengan perayaan lainnya. Sekalipun tidak meriah, ENDEUSiast tetapi bisa menemukan beraneka makanan khas Nyepi.

Perayaan identik dengan suatu acara besar yang meriah. Terdapat banyak kegiatan yang ada di dalamnya. Namun, berbeda dengan perayaan Nyepi. Acara keagamaan yang bisa ENDEUSiast temukan di Bali ini justru berbanding balik dengan perayaan lainnya. Kegiatan Nyepi justru dilakukan dalam keadaan hening. Bahkan pada hari H, semua orang di Bali tidak diperbolehkan melakukan kegiatan di luar rumah.

Bila ada kegiatan besar, itu pun dilakukan pada sebelum dan setelah acara puncak Nyepi. Sekalipun acara keagamaan ini tidak berlangsung meriah, ENDEUSiast tetap bisa menemukan beragam sajian yang biasa dihidangkan pada perayaan Nyepi. Bagi yang belum tahu, inilah beberapa daftar makanan yang wajib ada ketika perayaan Nyepi di Bali.

1/ Nasi Tepeng

Nasi Tepeng merupakan salah satu makanan berat yang wajib ada pada perayaan Nyepi di Bali. Jenis nasi yang satu ini bisa ENDEUSiast temukan di daerah Gianyar, karena masyarakat di sana kerap menggunakan sajian tersebut. Sajian khusus perayaan Nyepi ini memiliki ciri khas yaitu rasa lada dan aneka rempah lain yang terasa kuat.

Hampir sama seperti Nasi Kuning yang disajikan dengan aneka lauk pauk, pada Nasi Tepeng juga terdapat tambahan lauk seperti sayur daun kelor, kacang merah, terong, nangka muda, kacang panjang dan tidak lupa kelapa parut untuk memberikan cita rasa gurih pada nasi tersebut. Nasi Tepeng biasa disajikan dengan menggunakan pincuk daun pisang.

2/ Ketongkol

Sajian khusus perayaan Hari Raya Nyepi ini sekilas terlihat seperti lontong, namun dibentuk menjadi kerucut dan dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Untuk menyantap Ketongkol, diperlukan lauk dan sayur sebagai pelengkapnya serta sambal matah. Namun, beberapa juga ada yang menyantap Ketongkol secara langsung tanpa menggunakan lauk sayur dan sambal karena dianggap sudah enak dengan rasanya yang gurih.

3/ Entil

Selain Ketongkol, ada juga Entil yang bentuknya juga seperti lontong. Hanya saja pembungkusnya tidak menggunakan daun pisang melainkan telengidi atau daun nyelep. Ciri khas dari daun ini adalah bentuknya yang panjang dan lebar serupa dengan daun kunyit. Cara mengolah Entil adalah dengan menyiapkan bahan utama yaitu beras lalu dibungkus dengan menggunakan daun nyelep. Setelah itu, baru dililit dengan menggunakan tali bambu. Beras yang sudah siap, bisa langsung direbus dan tunggu hingga matang.

4/ Pulung Nyepi

Selanjutnya, ada Pulung Nyepi yang merupakan makanan tradisional khas Desa Sukasada. Tampilannya seperti biji salak yang disajikan dengan gula merah dan kelapa parut. Pulung Nyepi terbuat dari bahan tepung kanji dan tepung beras yang dicampur jadi satu lalu dikukus sampai matang.

Itulah beberapa makanan yang wajib ada pada perayaan Nyepi di Bali. Jika ENDEUSiast sedang berada di Bali saat Hari Raya Nyepi, ENDEUSiast mungkin bisa menemukan dan mencicipi hidangan tadi.

Endeustorial

Ikuti Instagram