Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Meskipun berbahan sayuran, makanan khas Bali ini tetap lezat menggoyang lidah, lho. Cocok banget buat ENDEUSiast para Vegetarian

Mencari makanan berbahan sayuran ketika berlibur memang tidak mudah. Di Bali, menemukan makanan vegetarian atau yang tidak mengandung daging hewan memang cukup susah. Namun, bukan berarti tidak mungkin. Selain ayam betutu atau sate lilit, ENDEUSiast tetap bisa menemukan makanan yang tidak mengandung daging hewan. Berikut ini beberapa makanan khas Bali yang cocok untuk vegetarian.

1/ Srombotan

Srombotan adalah makanan berbahan sayuran yang berasal dari Klungkung, Bali. Makanan yang satu ini menggunakan berbagai macam sayuran seperti kacang panjang, kubus, kangkung, tauge, dan sebagainya. Bumbu yang digunakan untuk srombotan adalah bumbu kalas, yaitu bumbu yang terbuat dari santan dengan bumbu-bumbu seperti lengkuas, kunyit, bawang merah, bawang putih, sedikit kencur, dan bawang putih. Semua bahan bumbu kemudian dimasak hingga mengental. Bumbu kalas inilah yang ciri khas srombotan. Selain bumbu kalas, srombotan juga sajikan dengan bumbu kacang yang dicampur rata dengan bumbu kalas.

2/ Rujak Kuah Pindang

Rujak Kuah Pindang adalah salah satu makanan khas Bali yang mirip dengan sajian rujak buah. Hal ini karena bahan yang digunakan adalah sama, yaitu buah-buahan yang diiris tipis. Satu hal yang unik dari rujak ini adalah kuahnya. Rujak Kuah Pindang menggunakan kuah rebusan dari ikan, garam, terasi, dan cabai. Rasa gurih dari kaldu ikan menjadi lezat ketika berpadu dengan buah yang manis dan asam.

3/ Rujak Bulung

Selain rujak kuah pindang, Rujak Bulung adalah salah satu makanan khas Bali yang terbuat dari sayuran. Rujak Bulung ini adalah rujak yang terbuat dari rumput laut. Bukan rumput laut biasa, rumput laut yang digunakan adalah rumput laut boni. Agar rasa Rujak Bulung semakin lezat, rujak biasanya ditaburi dengan parutan kelapa yang disangrai, parutan lengkuas, dan juga bumbu yang sudah dihaluskan.

4/ Lontong Jukut Serapah

Makanan khas Bali yang berbahan sayuran selanjutnya adalah Lontong Jukut Serapah. Makanan yang satu ini menggunakan lontong yang berbentuk segitiga dan dibungkus dengan janur. Lontong yang sudah diiris kecil-kecil, kemudian disajikan dengan sayuran seperti daun pepaya daun singkong, bayam, nangka, dan bunga pisang atau jantung pisang. Kuah yang digunakan untuk makanan satu ini bernama telengis yang merupakan hasil sampingan dari minyak kelapa dan santan yang direbus.

5/ Jukut Urap

Jukut Urap adalah salah satu makanan berbahan sayuran yang mirip dengan sajian sayur urap di Jawa. Makanan yang satu ini menggunakan bahan utama sayuran seperti kacang panjang, tauge, kangkung, dan sebagainya. Hal yang membedakan jukut urap dan urap sayur adalah penggunaan bumbunya. Jukut urap menggunakan bumbu kuning khas Bali dan ditambah dengan parutan kelapa.

Nah, itu dia masakan khas Bali berbahan sayur dan buah yang sangat cocok bagi ENDEUSiast para Vegetarian.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya