Makanan Jawa banyak digemari orang. Bagi mereka yang sedang merantau, beberapa makanan Jawa ndeso ini dijamin bikin kangen kampung.

Tidak ada alasan untuk tidak menyukai makanan Jawa. Makanan ini bagi beberapa orang sudah menjadi makanan sehari-hari. Namun ketika suatu saat harus merantau, makanan yang seperti ini akan sangat dirindukan. Tidak sedikit orang yang memberanikan diri belajar memasak karena ingin merasakan masakan Jawa yang tidak ada di negeri orang.

Makanan jawa yang biasanya dirindukan ketika merantau adalah tipe makanan ndeso yang cukup susah ditemukan. Berikut ini adalah beberapa makanan Jawa ndeso yang dijamin bikin kangen kampung.

1/ Tempe Gembus

Tempe gembus adalah makanan sejenis tempe yang terbuat dari ampas tahu dan diolah kembali dengan ragi, kemudian difermentasikan kembali hingga menjadi tempe gembus. Sehingga tempe gembus ini sering disebut sebagai makanan wong cilik atau orang/rakyat kecil karena terbuat dari ampas tahu. Makanan yang satu ini cukup mudah ditemui di banyak pasar tradisional di Jawa. Tempe gembus biasanya diolah dengan digoreng tepung, dijadikan bacem, lodeh, tumis, dan sebagainya.

2/ Nasi Tiwul

Nasi tiwul memang sering diasosiasikan dengan kemiskinan dan kemelaratan. Bagaimana tidak bila nasi ini dulunya memang dimakan oleh orang yang kurang mampu. Namun seiring berkembangnya zaman, nasi tiwul kini menjadi salah satu kuliner yang banyak dicari orang.

Nasi tiwul sebenarnya adalah jenis makanan pokok pengganti nasi, dibuat dari singkong yang diparut dan diolah sedemikian rupa. Ada dua jenis olahan tiwul yaitu tiwul manis dan asin. Olahan tiwul manis biasanya dilengkapi dengan saus gula merah dan parutan kelapa. Sedangkan nasi tiwul gurih biasanya disajikan dengan sayur lodeh pedas, ikan asin, urap sayuran dan lainnya.

3/ Nasi Jagung

Selain nasi tiwul, nasi jagung adalah salah satu masakan Jawa ndeso yang banyak dirindukan. Makanan yang terbuat dari jagung kering yang sudah dihaluskan dan dicampur dengan nasi ini memang unik. Nasi jagung biasanya disajikan dengan sayur urap dan lauk pedas dari ikan, tempe atau tahu. Di beberapa daerah di Jawa, nasi jagung dibuat tanpa campuran nasi putih, sehingga warnanya kuning cantik dengan tekstur remahan jagung yang halus.

4/ Lontong Kupang

Makanan khas dari Jawa Timur ini memang sukses membuat orang rindu kampung. Bagaimana tidak, lontong kupang adalah salah satu makanan yang cukup langka, bahkan di Jawa Timur sendiri tidak banyak yang menjual kuliner satu ini. Lontong kupang adalah salah satu makanan yang berbahan utama kupang, sejenis kerang namun ukurannya sebesar biji beras. Lontong kupang disajikan dengan bumbu petis, sate kerang dan taburan bawang goreng.

5/ Pecel Lele

Pecel lele adalah salah satu makanan Jawa yang juga banyak digemari orang. Bahan utama makanan ini adalah ikan lele yang sudah digoreng kemudian disajikan dengan sambal pedas dan lalapan. Untungnya pecel lele ini banyak dijual di warung Lamongan atau warung tenda yang tersebar di abnyak tempat bersama dengan makanan-makanan lain.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.