Makanan Jawa memang menjadi primadona bagi pecinta kuliner. Makanan ini mempunyai citarasa khas yang membuat penikmatnya ketagihan.

Sebagai salah satu makanan yang populer, makanan Jawa memang menjadi incara wisatawan yang berkunjung ke Indonesia. Masakan Jawa mempunyai citarasa yang gurih, pedas, dan manis yang membuat penikmatnya ingin makan lagi dan lagi.

Selain itu, Pulau Jawa memang menjadi surge kuliner sehingga tidak heran bila banyak wisatawan yang berkunjung untuk mencicipi lezatnya masakan Jawa. Berikut ini beberapa makanan jawa yang menjadi buruan wisatawan asing dan lokal.

1/ Bakso Malang

Bakso Malang adalah salah satu makanan Jawa yang terkenal di seantero Pulau Jawa. Meskipun ada beberapa jenis bako lain yang ada di Indonesia, namun bakso Malang tetap menjadi primadona. Dalam satu porsi bakso Malang terdiri dari bakso dengan berbagai isian atau original, siomay goreng, mie, lontong, dan sebagainya. Bakso Malang ini semakin lengkap dengan sambal, saos, dan kecap pelengkap.

2/ Nasi Gandul

Nasi gandul adalah salah satu kuliner populer dari daerah Pati, Jawa Tengah. Makanan yang satu ini sekilas mirip dengan nasi uduk namun penyajiannya dengan menggunakan daun pisang. Wangi daun pandan akan tercium dari nasi gandul ini. Selain itu, nasi gandul juga disajikan dengan lauk daging sapi dan kuah segar.

3/ Telur Asin

Kota Brebes, Jawa Tengah sangat terkenal dengan produksi telur asin. Hampir semua orang di kota ini menyediakan telur asin sebagai pelengkap hidangan sehari-hari. Selain telur asin yang biasa, ENDEUSiast juga bisa menemukan telur asin yang dipanggang dan juga telur asin berbagai rasa. Telur asin ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh karena awet bahlan untuk perjalanan jauh.

4/ Soto Lamongan

Salah satu variasi soto yang paling banyak dicari di Jawa adalah soto Lamongan. Makanan yang satu ini sangat mudah ditemukan di hampir semua kota di Pulau Jawa. Yang membedakan soto Lamongan dari soto yang lain adalah koya. Koya untuk soto Lamongan dibuat dari bawang putih goreng yang ditumbuh halus kemudian ditaburkan di atas soto. Sudah terbayangkan bagaimanan gurih dan sedapnya soto Lamongan ini?

5/ Rawon

Rawon bisa dibilang sebagai primadona dari makanan Jawa. Makanan yang berasal dari Jawa Timur, khususnya Surabaya ini memang bisa membius lidah pecinta kuliner. Rawon sebernanya adalah sejenis sup daging dengan kuah hitam yang berasal dari kluwek. Rawon ini disajikan dengan kecambah kecil, sambal, dan kerupuk udang. Beberapa orang juga menambahkan telur asin pada mangkok rawon mereka.

Sudah tahu kan? Jadi jangan ragu untuk merekomendasikan makanan jawa pada para wisatawan ya.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.